Home » » Bersihkan Sikat Gigi Dari Kuman Agar Terhindar Penyakit

Bersihkan Sikat Gigi Dari Kuman Agar Terhindar Penyakit

Apakah perlu sikat gigi bebas kuman?
Ya tentunya! Menempatkan sikat gigi di tempat yang salah seperti di kloset dan tidak membersihkannya dengan baik bisa menyebabkan kuman bersarang di sikat gigi dan membuat Anda sakit.




Menurut pakar kuman Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi lingkungan di University of Arizona, kloset mengandung 3,2 juta bakteri di setiap 2,5 cm perseginya. Sewaktu kita menekan tombol flush, udara yang ikut keluar mengembuskan bakteri sejauh radius 1,8 meter. Artinya, lantai, wastafel, sikat gigi pun ikut tercemar bakteri. Sebaiknya, simpan sikat gigi di tempat tertutup, misalnya di kotak obat atau di dekat lemari.


Selalu bersihkan 
Selain meletakkan sikat gigi dengan sembarangan, tidak membersihkan sikat gigi juga dapat memicu kuman bersarang pada sikat gigi.
Beberapa orang percaya bahwa membersihkan sikat gigi dengan merendamnya ke dalam larutanmouthwash dapat membunuh kuman yang bersarang. Anggapan tersebut padahal keliru, karena mouthwash hanya mengandung sedikit alkohol yang dapat membasmi kuman. Lebih baik gunakan larutan alkohol 70% karena kadar tersebut dapat menyingkirkan kuman dari sikat gigi sehingga tidak mudah bau. Rendam sikat gigi sepanjang ukuran yang biasanya masuk ke mulut Anda dan ganti alkohol setiap 3-4 hari atau hingga larutan sudah berwarna keruh.


Gunakan dan rawat
Sikat gigi yang sering direndam ke dalam larutan alkohol dipercaya dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit akibat kuman. Untuk menggunakan sikat gigi yang telah direndam ke dalam larutan alkohol, bersihkan terlebih dulu dengan air hangat agar bau alkohol hilang. Setelah bersih, oleskan pasta gigi di atas sikat dan sikatlah gigi dengan baik. Bersihkan sikat setelah digunakan dan rendam kembali ke dalam larutan alkohol.

Cara yang lain adalah Anda dapat menginvestasikan kesehatan gigi dan mulut Anda pada alat pembersih sikat gigi. Gunakanlah pembersih sikat gigi yang mengandung sinar ultraviolet yang telah teruji secara klinis dapat membasmi kuman, bakteri, dan virus yang berbahaya bagi tubuh hingga 99.9% hanya dalam waktu beberapa menit.


0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah