Home » » Review Film Rumah Dara

Review Film Rumah Dara

RUMAH DARA (Indonesian title)
MACABRE (International title)
DARAH (Singapore title)


Starring:
Julie Estelle, Shareefa Daanish, Michael Lucock, Ario Bayu, Sigi Wimala, Imelda Therine, Arifin Putra, Daniel Mananta, Dendi Subangil, Ruli Lubis, Aming

Screenplay By:MO Brothers
Directed By: MO Brothers
Produced By: Delon Tio (Nation Pictures and Merah Production)
Genre: Action Survival Thriller
Studio: The Mo's and Nation Pictures


 Bercerita tentang enam anak muda yang tiba-tiba ditengah jalan bertemu dengan seorang wanita yang mengaku habis dirampok, lalu mereka berbaik hati untuk mengantarkan wanita tersebut pulang. Namun siapa sangka kalau wanita tersebut akhirnya malah membawa hidup mereka semua kedalam jurang maut yang mencekam. Pembunuhan sadis pun mulai mendera mereka satu persatu. Mengusung genre slasher (semacam Saw, Hostel, dll) yang notabene masih asing dan sangat jarang digarap oleh sineas perfilman Indonesia, Rumah Dara hadir membawa angin segar. Selain menarik minat penonton tanah air, film ini juga sangat menarik minat dunia internasional lho! Akting para pemain disini patut diacungi dua jempol. Julie Estelle seperti biasa tampil begitu meyakinkan. Shareefa Daanish membawakan peran dengan penuh totalitas, wajar saja kalau gelar Best Actress di PiFan berhasil dikantonginya. Tidak kalau memukau, Arifin Putra kali ini membuat semua penonton terpana dengan aktingnya yang ternyata tidak bisa dianggap remeh. Ini bisa dikatakan penampilan terbaiknya selama ini. Sigi Wimala pun bermain sangat baik. Ario Bayu dengan kharisma khasnya. Lalu, debut layar lebar VJ Daniel juga tidak bisa dikatakan jelek, langkah awal yang baik. Imela Therinne top banget, karakter psycho-nya dapet! Tidak ketinggalan nama-nama lain seperti Dendy Subangil, Mike Muliadro, Ruly Lubis, Aming, dll, yang semuanya bermain baik. Timo dan Kimo a.k.a The Mo Brothers selaku sutradara menurut saya telah berhasil membawa horror di Indonesia ke tingkat yang lebih baik dari sebelumnya. Belum sempurna memang, tapi menurut saya ini adalah horror terbaik yang dimiliki Indonesia so far. Saya juga merasa beruntung sekali karena kemarin mendapat kesempatan menonton versi uncut-nya yang dimana belum sensor sana sini.  Walaupun tidak memberikan formula baru untuk genre serupa, film ini sudah dinanti-nanti para penggemar film slasher Indonesia sejak lama. Genre yang cukup asing di dunia perfilman tanah air, dan jarang (bahkan hampir tidak pernah) digarap oleh sineas-sineas Indonesia lainnya. Selain menarik minat penonton tanah air, film ini juga sangat menarik minat dunia internasional. Overlook Entertainment bahkan sudah mengambil hak distribusi untuk wilayah Eropa dan Amerika. Sementara Five Star Entertainment nya Thailand mengambil hak distribusi wilayah Asia.

Sebelum beredar di tanah air, film ini pun telah ‘melanglang buana’ ke beberapa festival-festival berskala internasional, seperti Puchon International Fantastic Film Festival (PiFan 2009), di mana Shareefa Danish menyabet penghargaan sebagai Best Actress untuk film ini. Selain PiFan, Macabre/Rumah Dara juga sedang diputar di festival lainnya, seperti Fantastic Fest 2009 di L.A, USA dan Fantastic Film Festival Germany 2009.

The Mo Brothers, sutradara yang memang memiliki passion tersendiri terhadap dunia slasher ini sebelumnya juga sudah pernah membesut film “SENDIRI (ALONE)” sewaktu mereka masih berada di Australia.


Juga sengaja tidak saya bocorkan jalan cerita film dan spoilers disini, kasihan yang belum nonton nanti jadi tidak seru lagi khan! Apalagi tayangnya juga masih lumayan lama. Rumah Dara akan rilis di seluruh Indonesia tanggal 22 Januari 2010, wajib tonton yaa! Dukung terus perfilman Indonesia guys, jangan hanya Hollywood dong! Sukses buat The Mo Brothers, semoga film-film berikutnya semakin berkualitas dan tetap jaya...



0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah