Home » » Akibat Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC

Akibat Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC

Akibat Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC - Saat ini AC merupakan salah satu alat yang dibutuhkan di ruangan maupun gedung.  Hal ini dikarenakan lingkungan udara dan cuaca yang semakin panas, maka dibutuhkan AC agar udara yang ada sejuk dan membuat kita nyaman.

Terlalu lama di Ruangan ber AC ternyata dapat membuat kesehatan tubuh kita berdampak buruk dan negatif.  Adapun Dampak serta Akibat Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC ini dapat membuat kesehatan kita terganggu misalnya infeksi pernapasan seperti flu,pilek kemudian sering sakit kepala serta tenggorakan gatal.

Apabila AC tidak dilengkapi oleh humidifer maka dapat menyebabkan udara kering, kemudian memperlemah pertahanan tubuh terhadap patogen. Selain itu juga dampak lain dari udara dingin dan kering  ini dapat merusak kulit dan menghilangkan elastisitasnya yang dapat memicu gatal-gatal di tubuh kita. Umumnya kondisi kulit dermatitis dan eksim banyak dijumpai pada otang yang menghabiskan waktu berjam-jam di udara dingin ber-AC.

Selain itu Dampak dan Akibat Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC sendiri dapat menyebabkan mengeringnya selaput lendir di hidung dan mulut karena proses pendinginan udara tersebut melalui proses penguapan.  Seperti diketahui hidung, sinus sertatenggorokan tergantung pada kelembaban dalam membran yang bertugas melindungi sisitem kekebalan tubuh. Apabila ketika lembab, sel-sel kekebalan mampu menarik virus, bakteri dan alergen ke dalam perangkap sebagai garis pertahanan pertama tubuh terhadap patogen di udara.

Hal ini terjadi pada AC tidak dilengkapi dengan humidifier sehingga menyebabkan udara kering di sekitarnya. Kondisi ini turut memperlemah pertahanan tubuh terhadap patogen. Selain itu dampak lain dari paparan konstan dan langsung dari udara dingin dan kering bisa merusak kulit dan menghilangkan elastisitasnya yang dapat memicu gatal. Umumnya kondisi kulit dermatitis dan eksim banyak dijumpai pada orang yang menghabiskan waktu berjam-jam di udara dingin ber-AC.

  • Dampak buruk karena terlalu di Tempat Ber AC ini dapat kita minimalisir dengan cara sebagai berikut : Ketika ada kesempatan cobalah untuk keluar ruangan ber AC dan sejenak untuk menghirup udara segar dan sinar matahari.  Misalnya ketika istirahat atau ada kesempatan lainnya.
  • Atur Suhu AC agar tidak terjadi perubahan mendadak dengan lingkungan udara di luar.   Misalnya saja di luar suhu udara 30 derajat ketika di dalam ruangan Ber AC suhu 16 derajat.  Perubahan secara drastis suhu ini dapat mempengaruhi sendi.
  • Diusahakan menggunakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh kita saat berada di ruangan Ber-AC , misalnya menggunakan swater, jaket atau baju hangat lainnya.  Kemudian pada saat keluar ruangan tersebut kita lepas pakaian hangat tersebut.  Hal ini dilakukan untuk mempertahakan suhu badan kita.
  • Sering mengkonsumsi air putih.

100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah