Home » » Proposal Ternak Bebek dan Itik Download

Proposal Ternak Bebek dan Itik Download

Proposal Ternak Bebek dan Itik Download Usaha dan Bisnis - Saat ini menjadi peternak merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan.  Baik itu peternak Ikan Lele ataupun peternak unggas seperti Bebek atau Itik.  Sebelumnya teman-teman bisa baca Teknik Budidaya Ikan Lele (klik disini).  Tetapi kali ini egg-animation akan memberikan sedikit informasi mengenai teman-teman yang ingin Terjun Ke Bisnis atau Usaha Ternak Bebek atau Itik.

http://egg-animation.blogspot.com/2012/05/proposal-ternak-bebek-dan-itik-download.html
Dalam memulai suatu bisnis tentu butuh suatu perencanaan terlebih dahulu.  Dan membuat Proposal Ternak Bebek dan Itik Download usaha dan Bisnis merupakan bagian dari perencanaan tersebut.  Bagi yang ingin Bisnis Ternak Bebek atau Itik sebelumnya bisa membaca Panduan Beternak Bebek (klik disini).

Tetapi sebelum memulai Bisnis Ternak Itik atau Bebek, teman-teman perlu mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan Itik dan Bebek ? Jenis unggas air ini adalah unggas air dengan bentuk tubuh yang kecil ramping dengan gerakan  lincah yang dikenal atau sering disebut sebagai itik, serta unggas air yang lebih gemuk dan bergerak lamban yang kemudian diberi nama bebek. Kata bebek berasal dari bahasa daerah dan di pedesaan itik dan bebek dianggap sama saja dengan satu sebutan yaitu bebek.

Nah kalau begitu sebetulnya apasih Perbedaan antara Bebek dengan Itik ?..Itik merupakan unggas air yang mengarah pada produksi telur, dengan ciri-ciri umum; tubuh ramping, berdiri hampir tegak seperti botol dan lincah sebagai ciri khas itik petelur atau yang lebih dikenal dengan Indian runner duck (Itik asal Indonesia). Sedangkan bebek mengarah pada produksi daging, seperti bebek manila atau bebek Muscovy  (Muscovy duck) dengan ciri-ciri umum; tubuh gemuk, berjalan horisontal dan bergerak lamban sebagai ciri khas bebek  pedaging. Dari jajaran itik itu ada yang tergolong petelur unggul dan ada yang termasuk petelur sedang. Apa yang disebutkan terakhir itu bertubuh agak gemuk tetapi telurnya lebih besar. Unggas air yang dapat dimanfaatkan hasilnya oleh manusia tidak hanya itik dan bebek itu, tetapi juga bebek anggsa, yang lebih mengarah kepada pedaging. Hal terakhir ini baru pada tingkat ungggas hias saja, padahal potensinya sebagai unggas penyedia daging sangatlah besar. Nasibnya ternyata tidak jauh dengan bebek yang belum memperoleh perhatian khusus. Dari jenis unggas air tersebut hanya itik yang memperoleh perhatian hingga dijadikan andalan sebagai sumber pendapatan. Dari sinilah dimulai suatu peternakan itik sebagai usaha andalan si pemiliknya untuk memperoleh uang.

Nah teman-teman egg-animation sudah mengertikan perbedaan antara bebek dengan itik? berikut ini Proposal Ternak Bebek dan Itik Download Usaha dan bisnis bagi yang ingin usaha beternak bebek.

1. Gambaran Umum Visi Usaha

Dewasa ini kebutuhan akan daging bebek atau telur bebek semakin meningkat, setelah adanya isu flu burung yang mematikan usaha peternakan ayam . Masyarakat cenderung memelihara bebek dan mentok sebagai alternatif. Untuk itu usaha ini sangat menjanjikan karena konsumsi masyarakat semakin meningkat, apalagi usaha kuliner yang berbasis daging bebek semakin bervariasi seperti bebek bakar,bebek goreng ,atau sate bebek . Berikut ini akan kami jelaskan tentang jenis usaha ,rincian modal usaha serta pengembangan usaha yang mungkin dilakukan.


2. Variasi Usaha Yang Bisa Dilakukan

A. Pembesaran Bebek
Pembesaran bebek adalah proses pembesaran bebek dari DOC (hari pertama menetas) sampai 40 hari. Anakan bebek (meri) yang di besarkan adalah jenis betina yang memang dari segi harga lebih mahal sehingga memerlukan perawatan extra. Dalam hal ini harus menyiapkan kandang yang sesuai dengan kebutuhan , dengan penghangat, agar suhu temperatur sesuai yang dibutuhkan. Ini perlu dilakukan untuk menekan tingkat kematian. Tingkat kematian normal 20% dari jumlah anakan. Usaha pembesaran ini merupakan usaha yang paling cepat menghasilkan dan resiko paling rendah ,tapi juga membutuhkan investasi besar karena harus membuat kandang khusus dan rumah kandang .


B. Penggemukan Bebek
Perbedaan mendasar dari Pembesaran Bebek adalah meri yang digemukkkan adalah meri jantan yang harga bibitnya jauh lebih murah. Dalam proses penggemukan ini waktu yang diperlukan lebih lama yaitu 5-6 bulan dan itu menyebabkan konsumsi pakan juga lebih banyak. Jika dihitung dari hasil jual dan perawatan keduanya keutungannya hampir sama yang membedakan hanya waktu yang lebih lama.


C. Peternakan Bebek
Dalam usaha ini bebek yang dibeli adalah yang sudah berumur 5-6 bulan ,yaitu bebek yang sudah siap untuk bertelur . Dalam hal ini ketika sudah mulai bertelur akan bertelur setiap hari dan berhenti setelah 8-9 bulan .


D. Penetasan Telur Bebek
Telur yang dihasilkan dari Usaha Peternakan bebek ini . Ditetaskan selama 30 hari setelah menetas dipisahkan antara pejantan dan betina prosentase kesuksesan telur yang ditetaskan ini 70% . Dan pula tergantung dengan ketelitian pengetesan telur pada 3 hari pertama.


E. Usaha pembuatan Telur asin Rebus , Panggang & Bakar dengan Variasi rasa .
Selain ditetaskan telur bebek juga dapat diasinkan selama 14 hari , dansetelah itu dilakukan proses lanjutan yaitu direbus, dipanggang atau dibakar. Sedangkan variasi rasa dapat dibuat rasa Bawang Putih atau Bawang merah.

Bagaimana apakah teman-teman ingin mencoba usaha ternak bebek ini atau coba Budidaya Ikan Lele ?

Proposal Ternak Bebek dan Itik Download

http://egg-animation.blogspot.com/2012/05/proposal-ternak-bebek-dan-itik-download.html
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

0 komentar:

Posting Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah