Home » » Kanker Payudara Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Kanker Payudara Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Penyakit Kanker Payudara Gejala, Penyebab dan Pencegahan - Kanker yang satu ini merupakan salah satu momok yang paling menakut kan bagi setiap wanita tentunya.  Kanker Payu dara merupakan salah satu penyakit kanker yang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian.  Maka dari itu bagi para wanita perlu mengantisipasi dan mengetahui lebih lanjut penyakit yang sangat berbahaya ini.

Banyak perempuan yang tidak memperhatikan kemunculan penyakit kanker payu dara ini, berikut ini sedikit informasi mengenai Kanker Payudara Gejala, Penyebab dan Pencegahan.  Khusus untuk Penyebab Kanker Payudara, sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti penyebab utamanya, tetapi ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara.

Adapun beberapa Faktor Resiko penyebab kanker payu dara sebagai berikut :
  • 1. Usia.
    Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun. Risiko terbesar ditemukan pada wanita berusia diatas 75 tahun.
     
  • 2. Pernah menderita kanker payudara.
    Setelah payudara yang terkena diangkat, maka risiko terjadinya kanker pada payudara yang sehat meningkat sebesar 0,5-1%/tahun.
     
  • 3. Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
    Wanita yang ibu, saudara perempuan atau anaknya menderita kanker, memiliki risiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.
     
  • 4. Faktor genetik dan hormonal.
     
  • 5. Pernah menderita penyakit payudara non-kanker.
     
  • 6. Menarke (menstruasi pertama) sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahun, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
     
  • 7. Pemakaian pil kb atau terapi sulih estrogen.
     
  • 8. Obesitas pasca menopause.
     
  • 9. Pemakaian alkohol.
     
  • 10 Pemakaian alkohol lebih dari 1-2 gelas/hari bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
     
  • 11. Bahan kimia.
    Beberapa penelitian telah menyebutkan pemaparan bahan kimia yang menyerupai estrogen (yang terdapat di dalam pestisida dan produk industri lainnya) mungkin meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
     
  • 12. DES (dietilstilbestrol).
    Wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki risiko tinggi menderita kanker payudara.
     
  • 13 Penyinaran.

Adapun Kanker Payudara Gejala, Penyebab dan Pencegahan khususnya Gejala dan Tanda Kanker Payu dara yang harus diperhatikan bagi para wanita dan perempuan yaitu Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur.

Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit.
Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan adalah benjolan atau massa di ketiak, perubahan ukuran atau bentuk payudara, keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah), perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola (daerah berwana coklat tua di sekeliling puting susu), payudara tampak kemerahan, kulit di sekitar puting susu bersisik, puting susu tertarik ke dalam atau terasa gatal, nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.

Cara Pencegahan Kanker Payu dara memang berpengaruh pada banyak faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan. Beberapa ahli diet dan ahli kanker percaya bahwa perubahan diet dan gaya hidup secara umum bisa mengurangi angka kejadian kanker. Diusahakan untuk melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan bisa disembuhan jika masih pada stadium dini. Sadari, pemeriksan payudara secara klinis dan mammografi sebagai prosedur penyaringan merupakan 3 alat untuk mendeteksi kanker secara dini.



Gambar Kanker Payudara Gejala, Penyebab dan Pencegahan

0 komentar:

Posting Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah