Home » » Gaji PNS 2013 | Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil 2013

Gaji PNS 2013 | Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil 2013

Daftar Gaji PNS 2013 | Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil 2013 - Saat ini profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS menjadi primadona bagi sebagian generasi muda, padahal apabila dibandingkan dengan pekerja swasta, BUMN dan wirausaha penghasilan dari PNS lebih kecil.  Tetapi tetap saja setiap ada Penerimaan CPNS selalu dibanjiri oleh ratusan bahkan ribuan pelamar.


Mungkin salah satu keuntungan dari bekerja sebagai PNS adalah kenaikan gaji yang selalu dilakukan pemerintah setiap tahun.  Walaupun memang sebetulnya hal ini bukan lah kenaikan gaji tetapi penyesuaian gaji terhadap harga kenaikan bahan pokok dan inflasi di Indonesia.  setelah kurang lebih dari 4 tahun berturut-turut mengalami kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil sekitar 10 % maka pada Gaji PNS 2013 | Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil 2013 sebesar 7%.

Kenaikan Gaji PNS tahun 2013 ini disampaikan oleh Menteri Keuangan, Agus Martowardojo dalam rapat dengan DPR mengenai kerangka Ekonomi Makro tahun 2013. Dalam dokumen “Kerangka Ekonomi Makro Pokok-pokok Kebijakan Fiskal 2013″ disebutkan secara umum ada 18 arah kebijakan belanja negara pada 2013, satu di antaranya adalah menaikkan gaji PNS dan TNI/Polri di tahun 2013. “Meneruskan pemberian gaji dan pensiun ke-13 dan penyesuaian gaji pokok dan pensiun pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri sekitar 7 persen mengacu pada inflasi, serta penyesuaian gaji hakim,” dinyatakan Menteri Keuangan, Agus Martowardojo.

Selain menaikkan Gaji Pegawai Negeri Sipil, TNI/Polri, dan hakim, pemerintah juga berencana menuntaskan program reformasi birokrasi pada setiap kementerian/lembaga.  Tetapi memang belum diketahui lebih lanjut, karena kepastiannya harus menunggu tanggal 17 Agustus 2012 ketika presiden membacakan Nota Keuangan untuk tahun anggaran 2013.  Disitu akan dipaparkan jelas mengenai peraturan pemerintah mengenai Kenaikan Gaji PNS tahun 2013 ini.  Baca juga Remunerasi PNS 2013

Daftar Gaji PNS 2013 | Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil 2013


100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

38 komentar:

  1. Apakah kenaikan gaji tersebut akan diterimakan para PNS tepat di bulan Januari 2013 atau apakah diterimakan April 2013 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. April cak, kya g tau aj

      Hapus
    2. di hitung dr januari tp untik pembayaran kenaikan gaji biasanya tunngu perpres trn

      Hapus
  2. alhamdulillah rizqi kita bertambah
    perasaan senang di saat gajih naik
    tapi perasaan ap yang kita rasakan jika anak didik kita melakukan tauran, pencurian dan juga pelecehan sexual,
    apakah kita akan masa bodo dengan semua itu "yang penting kantong kita lebih tebel"
    selogan kita adalah "guru tanpa tanda jasa"
    seorang pahlawan yang mencerdaskan kehidupan bangsa
    subhanallah

    BalasHapus
  3. gaji gede ngajar ga bener...fban n smsan mulu... gmana mau mencerdaskan kehidupan bangsa brooo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sopan klo ngomong emang elo udah yang paling bener apa? Mari kita amanah dg tgs kita masing" tdk perlu menjugment profesi lain

      Hapus
    2. Tidak usah menilai profesi lain. Apakah anda sdh menjadi orang yang amanah di tugas yang anda emban?

      Hapus
    3. gede kepala lu...org cuma cukup makan ....coba lu bandingkan dg buruh pabrik berapa UMR nya

      Hapus

    4. Besar kecil yang penting syukuri,dan cintai profesi masing masing ,dengan penuh tangung jawab.Alloh akan menambah pada orang yang bersyukur.

      Hapus
  4. tetep aja kasian PNS perawat, bidan, dan dokter di daerah pedaLaman, kerja 24 jam gaji dibayar cuma 8 jam... mana pekerjaanya sangat beresiko..

    BalasHapus
  5. di syukuri aja,berapapun kenaikannya klo harga jg ikt naik,sama aja

    BalasHapus
  6. Negara di bikin bangkrut oleh orangya sendiri,terutama dengan naiknya gaji dan berharapnya orang banyak untu jadi pns

    BalasHapus
  7. gaji gede apaan dari dulu sampe sekarang tetap saja gaji PNS cuma cukup 6 gram emas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaji PNS kan sekitar 6 koma artinya tgl 6 udah koma sesek napas broooo

      Hapus
  8. Sebenarnya gak ada kenaikan kok...? yang ada cuman DISESUAIKAN..! hal ini tentunya terkait dengan inflasi yang terjadi..! coba dech sekali2 tanya ama pakar2 Ekonomi. bener gak tuh gaji kita naik...?

    BalasHapus
  9. Gaji...ya gaji pns di Indonesia baru layak kalo di sesuaikan hingga naiknya sampai 300%. Itu baru Wajar dan pantas... bandingkan degan harga emas pada tahun 1998 cuma lebih kurang harganya cuma Rp. 25000, per gramnya. Dan sekarang nyaris Rp.600000, pergramnya. Phuihh...!!! Nasib pns memang selalu menyedihkan....!!!

    BalasHapus
  10. kasian perawat dokter dan bidan di minahasa kerja nda bisa ditundan bila berhalangan nda bisa izin hrs cari pengganti/bayar teman tapi nda ada perbaikan gaji/tunjangan, semtara teman2 pns lain enak2 minta izin/cuti bila ada alangan....

    BalasHapus
  11. siapa suruh jadi PNS ngeluh melulu.....

    BalasHapus
  12. Apapun profesinya, toh itu sdh mnjadi resiko. Siapa jg yg ngajak kalian tuk jadi pns? Itu kan mau kalian sndiri. Jadi syukurilah

    BalasHapus
  13. gaji pns kan ngak lebih baik dari buruh pabrik cuma di atas UMR dikit

    BalasHapus
  14. bener tuh kata mas bro, gak usah kerja yg penting banyak duitnya, dari pada kerja belum tentu dapat duit, he.. he ..he

    BalasHapus
  15. Itulah Indonesia...
    ┣┫a ┣┫a ┣┫a ┣┫a ┣┫a ┣┫a ┣┫a ┣┫a

    BalasHapus
  16. saya terutama...orang kebanyakan berpikir bahwa PNS itu kerjanya santai....menurutku itu hanya sebagian orang...Saya Lulusan Sarjana....saya bekerja mulai 7.30 - 16.00 (normalnya)..tapi setiap hari saya bekerja melewati jam itu bahkan bulan oktober - desember saya bekerja sampai malam bahkan subuh demi menyelesaikan pekerjaan saya......tapi Gaji Yang Saya Terima mungkin lebih kurang sama dengan Upah Buruh di Jakarta yang nota bene kebanyakan tamatan SMA atau mungkin tamatan SD, apa ini yang di namakan PNS sejahtera??? karna saya di gaji tanpa uang makan tanpa uang lembur, klo buruh mungkin ada untuk itu.....klo dipikir2 banyak pekerjaan saya saya lakukan hanya untuk amal dan loyalitas....Tapi semuanya saya syukuri...Jadi bagi orang2 yang memandang rendah PNS,,,,bertobatlah...berpikirlah positif...jangan selalu menjudge orang dengan cara berpikir anda yang sempit...Terutama bagi media yang selalu membuat berita ini menjadi heboh...seolah2 negara ini merosot gara2 gaji PNS yang tidak seberapa itu...Peace...

    BalasHapus
  17. gaji PNS naik 7% akan tetapi listrik naik 10% tentunya dengan kenaikan barang lainnya juga. Jadi kenaikan ini hanya nominal aja

    BalasHapus
  18. akusi... cuma bisa liat aja, wong pns juga bukan kok..... he..he....

    BalasHapus
  19. wajarlah kalo gaji psn kecil kaya upil, kerjanya juga santai, coba liat tuh di kantor2 PEMDA or KECAMATAN, kerjaannya cuma ngerumpi, duduk santai sambil nonton TV,,kerja santai wajar kalo penghasilannya juga santai..

    BalasHapus
  20. yg jelas kita syukuri apapun itu jenis macam pekerjaan kita.... lebih baik jadi guru, buruh pabrik, pemulung and all, biar miskin namun memiliki harga diri. daripada para koruptor dan elit politik yg jadi maling malah teriak maling.... ngak ada harga diri ...

    BalasHapus
  21. N Milawati S Pd.I Majalengka8 April 2013 00.48

    Nikmati dan syukuri yg dah ada skrng, mau pns, kary, apapun frofesinya,,,,yg penting manfaat dan tetap bersukur ox.....

    BalasHapus
  22. mkanya mas bro klw msuk pns jngn nyogok biar ngak nuntut gaji besar,klw mau gaji besar krja di prusahaan suasta aj,

    BalasHapus
  23. kenaikan gaji PNS KPAN DI TERima,...?

    BalasHapus
  24. Thanks infonya bermanfaat sekali, thanks,...

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah aq seorang pns. Dan aq bangga mnjdi pns dari wiyata bhakti dulu dan ga pake nyogok. Skrg hidup bhgia dg kluarga.

    BalasHapus
  26. bersyukur munkin itu kata yang tepat buat kita,karena dengan kita bersyukur hidup kita tidak pernah kurang satu apa pun.rizki meski sedikit kalau kita syukuri akan nikmat rasanya

    BalasHapus
  27. guru sekarang tak lagi dibilang pahlawan tanpa jasa, karna jasanya telah dibayar besar oleh pemberintah.

    BalasHapus
  28. Aku bukan PNS tapi digaji negara juga..alhamdulilah umur 25 dah pny rumah sendiri, mobil juga....

    BalasHapus
  29. TERSERAH !!!
    MO NAIK GAJI, MO ENGGAK,,, TERSERAH !!!
    GAK PEDULIIIIII

    BalasHapus
  30. Banyak atopun sdkt pantas disyukuri. smg membawa keberkahan..
    thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANNISA SALSABILA15 September 2013 18.22

      KALAU AMAN JANGAN BESAR PASAK DARI PADA TIANG ,JANGAN BESAR BELANJA DARI PADA PENDAPATAN OKE ?

      Hapus


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah