Home » » Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam

Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam

Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam - Menjadi peternak mungkin banyak orang yang sedikit memandang rendah profesi itu, tetapi ternyata menjadi peternak adalah suatu profesi yang dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar dan lebih besar malah dibandingkan seorang pegawai di bank atau perusahaan mentereng (tetapi level-level tertentu ya :D).  Baca juga artikel kami Memulai bisnis Ternak Bebek dan Itik serta beternak ikan lele.
Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam

Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam


Tetapi banyak orang yang bingung bagaimana cara memulai dari ternak ayam ini.  Nah pada kesempatan kali ini kami egg-animation.blogspot.com sedikit sharing informasi mengenai Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam.  Kunci besar bagi keberhasilan seorang peternak ayam terletak pada program pengurusan eraman yang baik, berawal dari persediaan sebelum anak ayam datang ke kandang.

Yang paling penting dan utama adalah anak ayam.  Ketika anda menerima anak ayam dengan kondisi yang panas (di ariport) maka alangkah baiknya jika anda membawa botol sprayer, dan buka semua box atau kardus ayam, dan spray ayam yang ada di dalam box atau kardus dengan menggunakan botol spray.

Tapi dengan catatan menggunakan air yang bersih, boleh juga menggunakan air minum mineral misalnya air Aqua, dan sejenis nya, penyemprotan ini bertujuan untun menurunkan suhu ayam yang ada di dalam box untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan.

Memelihara ternak ayam di dalam kandang , harus mempunyai umur yang sama, pastikan kandang yang akan di isi terpisah dari kandang ayam yang lebih tua, (jika anda memelihara ayam dengan cara multi age), tapi sebaiknya anda memelihara ayam dengan sistem atau program “all-Inn /all -out” dengan program keselamatan yang baik. Pekerja hanya boleh bekerja khusus untuk ayam kecil saya (atau hanya memelihara di dalam brooding).

Peralatan peternakan mestilah dalam keadan bersih dan bebas kuman sebelum anak ayam datang ke kandang, baca prosedur pembersihan yang terperinci dan biosekurity yang baik, dan biosekuriti kandang tersebut harus terpelihara dengan baik setiap saat, biosekurity di terapkan 365 hari setahun termasuk dalam jangka masa ketika kandang kosong. Lokasi kandang harus dan perlu berada dalam keadaan selamat, kendaraan yang memasuki kawasan kandang perlu menjalani prosedur pembersihan yang baik (dengan disinpektan).

Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memasuki kawasan kandang dan mereka harus mengikuti prosedur-prosedur biosekurity yang baik terrmasuk mandi, dan memakain pakain dan sepatu keselamatan yang sudah di sediakan. Pintu kandang harus selalu tertutup, untuk menghindari binatang pemangsa masuk ke dalam kandang, seperti kucing, anjing dan binatang lain nya yang akan mengganggu keselamatan ayam peliharaan tersebut.  Untuk informasi lebih lanjug mengenai Cara Beternak Ayam | Budidaya Ternak Ayam, Baca Juga teknik beternak Ayam Kampung.

sumber : http://www.muksin.com/2011/01/cara-memelihara-ayam.html

100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

3 komentar:

  1. saya juga sedang mengembangkan usaha ternak ayam ini sob, salam kenal moga peternakan Indonesia makin maju.

    BalasHapus
  2. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  3. susah juga ternyata ya.
    Saya baru mulai belajar beternak, tapi saya buat kandang buat bertelur dan kandang umbaran aja.
    Maklum baru belajar, saya mulai dengan 6 ayam dara dan 1 pejantan. Selalu saya tempatkan di kandang umbaran, kira2 harus di kandangin per ekor gak ya? Cara mengawinkan apa harus dikandangin satu per satu ya?

    BalasHapus