Home » , » Cara Membuat Password yang aman bagi Email

Cara Membuat Password yang aman bagi Email

CARA MEMBUAT PASSWORD YANG AMAN BAGI EMAILEnam juta password akun profesional LinkedIn serta 58 ribu lebih akun Twitter, baru-baru ini dibobol oleh hacker. Kabar ini sontak membuat banyak orang mengubah password akun jejaring sosial mereka. Kata sandi menjadi hal penting untuk menjaga keamanan sebuah akun di era internet. Jangan membuat password yang telalu mudah, dan jangan terlalu rumit karena bisa jadi Anda akan lupa.




Cara Membuat Password yang aman bagi Email




Berikut daftar 25 password terlemah versi ESET:



1. password
2. 123456
3. 12345678
4. 1234
5. qwerty
6. 12345
7. dragon
8. pussy
9. baseball
10. football
11. letmein
12. monkey
13. 696969
14. abc123
15. mustang
16. michael
17. shadow
18. master
19. jennifer
20. 111111
21. 2000
22. jordan
23. superman
24. harley
25. 1234567





Satu hal yang perlu teman-teman ketahui, jangan pernah percaya bahwa data yang diamankan dengan password itu benar-benar aman. Sekuat apa pun password yang kita buat tidak bisa menjamin keamanan 100 persen data atau akun yang Anda miliki. Dewasa ini, banyak orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak bermoral memanfaatkan dan menggunakan segala cara untuk bisa mengakses atau menjebol password. 

Para hacker biasanya mencari lubang keamanan supaya bisa dengan mudah mengakses data yang mereka inginkan. Kata Sandi atau Password memang sesuatu yang perlu dijaga kerahasiaannya. Nah kemudian, bagaimanakah membuat password yang tidak mudah ditebak dan aman? 

Berikut langkah-langkah Cara Membuat Password yang aman bagi Email :


  • Pertama Buatlah password yang tidak berhubungan dengan data diri Anda, istri, anak, tanggal kelahiran, warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan Anda. Semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang Anda sukai pasti akan dicoba oleh orang yang hendak mengakses data Anda. Cara seperti ini merupakan metode social engineering. Akan tetapi jika Anda membuat password "gado-gado", itu dijamin akan sulit untuk ditebak. Misalnya saja gabungan huruf besar-kecil, simbol, serta perpaduan huruf dan angka dengan karakter yang panjang.
  • Untuk password, buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).
  • Usahakan pergunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya saja penggabungan "#$@!()&^TG!@". Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.  Sedikit Alay dalam membuat password ternyata cukup ampuh.
  • Gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan.
  • Cobalah Jangan gunakan password yang ada dalam kamus.
  • Jangan menyimpan password pada secarik kertas karena bisa saja setelah Anda ingat password-nya, Anda membuang kertas itu. Teknik seperti ini juga bisa dimanfaatkan, yaitu dengan mengorek sampah untuk mencari informasi yang bermanfaat.
  • Hati-hati kalau Anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang peretas sedang beraksi untuk mencuri password. Mereka biasanya menggunakan teknik network sniffing untuk memantau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, termasuk account dan password.
  • Perhatikan juga sambungan keyboard pada komputer teman-teman karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.
  • Kemudian Cara Membuat Password yang aman bagi Email yang terakhir Gunakan sistem copy-paste untuk menginput password. Hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.


100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

1 komentar:


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah