Home » » Contoh Format Proposal Penelitian Skripsi

Contoh Format Proposal Penelitian Skripsi



Download Contoh Format Proposal Penelitian Skripsi - Ketika kita akan menyelesaikan Sarjana (S1), dalam akhir pembelajaran kita dituntut untuk menyelesaikan suatu tugas akhir atau disebut juga dengan skripsi. Skripsi ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan dan mendapatkan gelar Sarjana (S1). Pengertian Skripsi adalah suatu kegiatan penelitian suatu objek dan tema tertentu yang dituangkan kedalam sebuah laporan yang nantinya akan dipertanggung jawabkan hasil penelitian tersebut. Skripsi adalah laporan khusus mahasiswa Sarjana, sedangkan untuk mahasiswa S2 disebut Thesis dan S3 disebut dengan Disertasi.

Contoh Proposal Penelitian Skripsi

Format Contoh Format Proposal Penelitian Skripsi 

Sebelum melakukan penelitian kita harus membuat terlebih dahulu Contoh Format Proposal Penelitian Skripsi  yang nantikan digunakan sebagai dasar dan acuan serta gambaran mengenai penelitian yang akan kita lakukan nantinya. Proposal ini juga berfungsi sebagai Kebutuhan-kebutuhan apa yang nantinya akan dilakukan dalam penelitian.

Adapun beberapa unsur terpenting dan yang ada didalam Format Contoh Format Proposal Penelitian Skripsi  yang harus diperhatikan yaitu :
  • Lokus yaitu fokus dari sebuah penelitian
  • Latar Belakang Masalah dimana membahas dan menggambarkan permasalahan yang akan dicarikan solusinya
  • Rumusan masalah yaitu apa yang menjadi permasalahan dalam penelitian tersebut
  • Manfaat yaitu kegunaan penelitian ini untuk siapa
  • Data fakta yaitu harus menampilkan data yang akurat dan sebenarnya mengenai penelitian yang akan dilakukan


Untuk lebih jelasknya berikut ini Download Contoh Proposal Penelitian Skripsi :

CONTOH  FORMAT PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI :

Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia terhadap Disiplin Pegawai di Universitas Indonesia Bersatu
NAMA : Bushiat
NIM : 17029983
Latar Belakang
Universitas Indonesia Bersatu (Universitas Indonesia Bersatu) sebagai salah satu institusi pemerintah yang bergerak dalam bidang pendidikan yang mempunyai visi, Menjadi ujung tombak pendidikan dan penerapan tekonlogi manufaktur serta mempunyai misi menyiapkan lulusan yang kompeten dalam bidang teknologi manufaktur dan mampu bersaing dalam pasar global dengan membangun dan mengembangkan pendidikan, rekayasa dan produksi, berkomitmen yang tinggi untuk meningkatkan professionalisme Sumber Daya Manusia didalamnya. Universitas Indonesia Bersatu mencoba mengambil langkah-langkah kebijakan strategis dalam upaya peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, profesional, efektif dan efisien. Kebijakan pimpinan Universitas Indonesia Bersatu dalam upaya meningkatkan kualitas institusi adalah dengan penerapan sistem manajemen mutu, yang merupakan implementasi diraihnya sertifikasi ISO 9001:2000 di awal tahun 2003. Juga kebijakan eskternal pendidikan tinggi yang harus diterapkan di Universitas Indonesia Bersatu adalah penerapan sistem akreditasi nasional perguruan tinggi, dimana hasil akreditasi tahun 2002 Universitas Indonesia Bersatu meraih grade A untuk semua jurusan studi yang ada. Peningkatan professionalisme ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing (competitiveness) Universitas Indonesia Bersatu dalam berkompetisi dengan Perguruan-Perguruan Tinggi lainnya. Salah satu aspek yang dilihat dari upaya professionalisme pegawai di Universitas Indonesia Bersatu yaitu aspek kehadiran.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara penulis di lapangan, fenomena yang terjadi di Universitas Indonesia Bersatu sebagai berikut :

1. Data menunjukkan masih adanya pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan (bolos). Status tidak hadir tanpa keterangan/bolos di UNIVERSITAS INDONESIA BERSATU terdapat tiga kemungkinan, yang pertama pegawai yang bersangkutan memang berniat tidak masuk kerja tanpa keterangan apapun. Kedua, pegawai tidak mengisi pengajuan Izin/Cuti pada Sistem Informasi Kehadiran Online, dan yang terakhir Atasan tidak memvalidasi/mengizinkan pengajuan izin/cuti pegawai yang bersangkutan.
Menurut data kehadiran diatas terlihat bahwa trend ketidakhadiran tanpa keterangan/bolos cenderung menurun mulai tahun 2004 s.d 2006, tetapi kembali meningkat pada tahun 2007 begitu juga 2008. 2006 merupakan tahun yang luar biasa dimana tidak terdapat tenaga pengajar yang bolos, dikarenakan pada tahun ini merupakan tahun dimana Sistem Informasi Kehadiran Online mulai diterapkan.
2. Masih adanya pegawai yang tidak mengikuti prosedur dalam pengajuan izin maupun cuti. Penerapan ISO 9001:2000 di Universitas Indonesia Bersatu mengharuskan organisasi mendokumentasikan segala aktivitasnya dan melakukan aktivitas yang telah terdokumentasi, salah satunya pembuatan Work Instruction (WI). Dalam pengajuan izin dan cuti di Universitas Indonesia Bersatu sudah terdapat WI yang mengatur prosedurnya, tetapi pada kenyataanya masih cukup banyak pegawai yang tidak mengikuti prosedur WI tersebut. Contohnya pegawai yang meninggalkan kantor di dalam jam kerja tanpa menginputkan izin di Sistem Informasi Kehadiran Online.
3. Kurangnya tindak lanjut atasan/Ka. Unit dalam menindak tegas pegawai yang bermasalah dengan tingkat kehadiran. Sub. Bagian Sumber Daya selaku pengelola data kehadiran pegawai setiap bulannya memberikan laporan kepada Ka. Unit mengenai data kehadiran unit kerjanya. Laporan ini kemudian di tanda-tangani oleh Ka. Unit sebagai proses persetujuan isi data dalam laporan tersebut. Disini masih ada Ka. Unit yang hanya membubuhkan tanda tangan tanpa melihat dan menganalisa terlebih dahulu data kehadiran yang ada di dalam laporan, padahal di dalam laporan tersebut terdapat data kehadiran yang bermasalah.
4. Sistem Informasi Kehadiran Online merupakan aplikasi berbasis web yang sangat tergantung pada jaringan internet di Universitas Indonesia Bersatu. Rendahnya bandwith dan masih terjadinya error pada sistem jaringan maupun server di Universitas Indonesia Bersatu mengakibatkan Sistem Informasi Kehadiran Online ini tidak dapat digunakan sehingga pegawai kembali beralih pada proses absensi manual.
5. Ada beberapa pegawai yang tidak dapat menggunakan absen sidik jari/fingerprint dikarenakan sidik jari yang bersangkutan tidak dapat terbaca oleh program. Sidik jari merupakan sesuatu hal yang unik pemberian dari Tuham YME, setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda dengan orang lain dan tidak ada didunia ini yang memiliki sidik jari yang sama. Universitas Indonesia Bersatu merupakan institusi pendidikan yang fokus terhadap bidang manufaktur, yang membuat sebagian besar pegawai berhubungan dengan bengkel permesinan dalam pekerjaannya. Ada beberapa pegawai yang memiliki frekuensi tinggi bekerja dengan mesin membuat sidik jarinya tidak dapat terbaca oleh program, hal ini menyebabkan pegawai tersebut menggunakan absensi manual dalam merekap data kehadirannya.
6. Suatu program tidak terlepas dari adanya kerusakan (error/bug) dalam penerapannya. Adanya error yang tidak diinginkan akibat dari program menjadi penghambat Sistem kehadiran Online di Universitas Indonesia Bersatu.
7. Polling yang terdapat dalam SIKO (Sistem Informasi Kehadiran Online) menunjukkan bahwa penggunaan Sistem Informasi Kehadiran Online diasumsikan sesuai hal yang merepotkan.
Tingkat kehadiran mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi kerja. Dikutip dari its.ac.id, Bycio (dalam Ruky : 2002) mengemukakan bahwa ketidakhadiran dapat mengakibatkan rendahnya prestasi kerja seseorang. Selain itu masih dikutip dari its.ac.id, Goodman dan Atkin (dalam Ruky: 2002) berpendapat bahwa hubungan antara ketidahadiran dengan kinerja pegawai juga dipengaruhi oleh kerumitan pekerjaan bagi mereka yang memiliki kemampuan yang rendah, dan ketidakhadiran dapat mengakibatkan menurunnya prestasi kerja dibandingkan dengan mereka yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.
Sejak tahun 2002 sampai dengan saat ini di Universitas Indonesia Bersatu telah diterapkan beberapa sistem kehadiran berbasis komputerisasi, dimulai dari penggunaan kartu/barcode pegawai, sistem sidik jari hingga Sistem Informasi Kehadiran Online (berbasis web). Sistem Informasi Kehadiran Online sendiri mulai dikembangkan pada tahun 2006. Pembuatan Sistem Informasi Kehadiran Online di Universitas Indonesia Bersatu ini melibatkan pihak ketiga, sebagai pembuat dan pengembang software (software house). Universitas Indonesia Bersatu membuat konsep dari Sistem Informasi Kehadiran Online, dan software house membuat dan mengembangkan konsep yang telah diberikan oleh Universitas Indonesia Bersatu. Sistem Informasi Kehadiran Online sendiri menggunakan sistem absensi sidik jari (fingerscan) dalam proses absensinya, sedangkan dalam pengajuan izin/cuti, melihat data kehadiran, melihat jumlah cuti, dan melilhat data lembur dibuat sistem online (berbasis web) dimana seluruh pegawai dapat melihat data absensinya masing-masing dimanapun mereka berada selama terhubung dengan jaringan internet, hanya dengan mengakses http://www.siko.Universitas Indonesia Bersatu.ac.id.
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka penulis sangat tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka penyusunan skripsi yang berjudul : Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Terhadap Disiplin Pegawai di Universitas Indonesia Bersatu (Universitas Indonesia Bersatu).
tags : contoh proposal penelitian skripsi , Format download Contoh Proposal Penelitian Skripsi Tugas Akhir, Format Contoh Proposal Penelitian Skripsi Usaha, Contoh Proposal Penelitian Skripsi IT ,Contoh Proposal Penelitian Skripsi Tindakan Kelas

Kami diatas hanya memberikan latar belakang dari Contoh Proposal Penelitian Skripsi , untuk lebih jelasnya teman-teman nanti bisa mengikuti link dibawah ini untuk Download lengkap dari tulisan diatas. Demikian kami sampaikan, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Contoh Proposal Penelitian Skripsi


sumber :http://armylookfashion.com/2011/09/25/contoh-proposal-penelitian-skripsi.html/

1 komentar:


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah