Home » » NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru


NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru


Saat ini setiap Siswa / Siswa mulai dari SD, Madrasah MI, SMP, Madrasah Tsanawiyah Mts, SMA , SMK maupun MA masing-masing telah memiliki nomor Siswa Tunggal yang berlaku secara Nasional.

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru

Ialah NISN yang merupakan sistem Penomoran terpusat dari para Siswa di seluruh Propinsi , Kota, Kabupaten serta sekolah yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan melalui sistem komputerisasi yang bisa diakses secara online dan Real time oleh masing-masing Siswa, Guru maupun orang tua untuk mengetahui berapa Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru nya.
Sistem Penomoran Siswa secara terpusat ini sendiri sudah mulai dilakukan sejak tahun 2007 yang lalu, dan sampai saat ini sudah puluhan juta Sekolah dan Siswa yang telah memiliki Nomor Induk masing-masing.  Setiap sekolah memiliki Nomor unik yang tidak akan sama dengan nomor Sekolah lainnya yang bernama NPSN yang merupakan singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional.

Untuk siswa sendiri sama seperti NPSN yaitu memiliki Nomor Induk unik yang berbeda dengan siswa lainnya. Sebelumnya untuk mengakses dan mengetahui secara Online melalui internet Nomor Siswa ini dapat membuka alamat website http://nisn.dapodik.org.  Tetapi saat ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 1980/P3/TP/2011 Perihal Nomor NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru, maka ada perubahan dari alamat website.

  • Walaupun sudah mulai dilakukan sejak tahun 2007 tetapi sampai dengan saat ini banyak siswa yang belum mengetahi Bagaimana Cara mengetahui Nomor Induk Siswa terbaru.  Nah berikut ini Cara untuk Mengetahui Nomor NISN terbaru yang mulai berlaku 1 Januari 2012 :
  • Langkah pertama buka website  http://nisn.data.kemdiknas.go.id untuk mengakses Nomor Siswa, atau http://npsn.data.kemdiknas.go.id untuk mengetahui NPSN atau Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru.

Kemudian di Kotak pencari silahkan masukkan Nomor Siswa masing-masing.  atau disitu juga terdapat pilihan Provinsi, Kabupaten, Kota, Sekolah.  Dan juga ada pilihan tingkat pendidikan misalnya Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah, MA, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Mts.



Bagi yang masih kebingungan mencari Nomor tersebut bisa langsung membuka alamat website tersebut diatas untuk mengetahui NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru sesuai Surat Edaran Nomor 1980/P3/TP/2011.  Berikut ini merupakan Surat Edaran Tersebut :

Surat Edaran Nomor 1980/P3/TP/2011 

Klik gambar Surat untuk memperbesar

24 komentar:

  1. UNTUK MEMPERBAIKI TANGGAL LAHIR DAN NAMA GIMANA
    SAYA ORANG TUA DARI;

    NPSN 20301798
    NISN 0024799240
    TERTULIS
    FUKRI RIDZA
    O6 NOPEMBER 2002

    YANG BENAR

    FIKRI RIDZA
    26 DESEMBER 2001

    TRIMA KASIH ATAS JAWABANNYA

    EMAIL SAYA: karsono1965@gmail.com
    Nama : KARSONO

    Orang Tua dari Fikri Ridza

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta tolang pak dmana tmpat kita mengecek NISN anak yang sudah kita usul tapi belum keluar sampe sekarang

      Hapus
  2. Silahkan hubungi sekolah masing2 :)

    BalasHapus
  3. Beberapa siswa Saya belum mempunyai NISN, bagaimana mengusulkannya?

    BalasHapus
  4. PENCARIAN NISN SEKARANG KOK RIBET, BGMN CARANYA? MHON MAAF DAN TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  5. tolong NISN agar bisa dibuka dan di per sekolah, sehingga kami bisa mengetahui siswa kami yang belum mempunyai NISN, serta kami dapat mendaftarkan/memasukkan siswa tersebut agar mempunyai NISN, tolong kami dibimbing tentang hal ini, terima kasih dan mohon maaf, saya jamal Email: mokhamadjamaludin@ymail.com

    BalasHapus
  6. nformasi lebih lanjut perihal layanan sistem NISP dan NIPD dapat menghubungi PDSP di Telp. 021-5731177 atau Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud di Call Center: 177.

    Email: pengaduan@kemdikbud.go.id atau pdsp@kemdikbud.go.id

    BalasHapus
  7. Minta petunjuknya agar kami diberi kemudahan dalan mengakses NISN siswa kami karna masih bnyak yang belum mempunyai NISN, saya Ferwandi Email: ferwandisdn.09airhitambesar@yahoo.co.id

    BalasHapus
  8. Agar NISN setiap saat bisa dilihat sehingga kalau ada siswa yang belum terdata bisa diketahui karena kami sangat membutuhkan kecepatan mencari data NISN tersebut... terima kasih Kliwon HS

    BalasHapus
  9. ribet juga nyari NISN

    BalasHapus
  10. data NISN anak saya terdapat kekeliruan sdh kami kembalikan ke sekolah trnyt sampai skrg blm ada hasil ini kesalahannya pd siapa

    BalasHapus
  11. bagaimana cara mengirim nisn kolektif yang sudah ada dari SD untuk dipindahkan menjadi siswa smp

    BalasHapus
  12. bagaimana cara mencari NISN yang lebih mudah dan cepat, kami sebagai guru di Madrasah sering dimintai NISN oleh siswa kami yang sudah di tingkat SLTP/SLTA, sehingga kami mengalami kesulitan. Mohon segera di tanggapi, dan jawaban bisa dilewatkan ke Email kami joko_waluyo78@yahoo.com Trima kasih. (Joko Waluyo)

    BalasHapus
  13. kk tolong cari nisn saya dong !
    nama_m.anjas leonardi
    Mts

    anjas_leonardi@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Kami merasa pelayanan dan pengelolaan NISN semakin sulit, tidak seperti dulu. dulu, kami bisa mengakses dan mendownload nisn siswa per sekolah, per kabupaten, per provinsi. jadi kami bisa mengecek, dan menjadikan panduan NISN yang benar untuk sekolah. sekarang, kami sangat bingung, apalagi tidak semua siswa memiliki NISN.
    Saran kami, buatlah sebuah sistem yang lebih baik, yang dulu sudah baik dan membantu setiap sekolah di Indonesia, jangan diubah, tapi lebih dimantapkan lagi, lebih dilengkapi dan dipermudah. jangan seperti sekarang. saya kira, hal itu bukan tidak mungkin, tenaga IT di lingkungan pendidikan sangat handal. mohon diperbaiki kembali. kami Tommy Idris, staf TU SMK.

    BalasHapus
  15. Mohon diberikan cara-cara memasukkan NISN untuk sekolah kami, berikan jawabannya pada email : es.pardi@gmail.com
    terima kasih,

    BalasHapus
  16. kalo mau tau alamat sekolah orang yang punya nisn gimana kk ??

    BalasHapus
  17. NISN saya kok tdak klihatan??
    pdahal udah isi nama, dan TTL yg sesuai..

    apkah ada semcam "catatan penting" untk mencarinya?
    msalnya penulisan nama yang di balik..

    BalasHapus
  18. saya ngasih nama lengkap dan tempat tanggal lahir sudah tapi kok gak ada sama sekali

    BalasHapus
  19. tolong kirimkan NISN siswa yg bernama KIKI APRIYANI KELAS 1X/5 pada tahun 2010/2011 secepatnya trimakasiah

    BalasHapus
  20. bapak/ibuk mohon bantuannya untuk mencari NISN TP.2008/2009 atas nama : NAMA : MUHAMMAD HUSNY SYAID TTL : 12/11/1994 ASAL SEKOLAH : SMPN 15 PEKANBARU guna untuk mendaftar ujian nasiaonal tingkat SMK. terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  21. bapak/ibuk mohon bantuannya untuk mencari NISN TP.2008/2009 atas nama : NAMA : MUHAMMAD HUSNY SYAID TTL : 12/11/1994 ASAL SEKOLAH : SMPN 15 PEKANBARU guna untuk mendaftar ujian nasiaonal tingkat SMK. terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  22. bapak/ibuk mohon bantuannya untuk mencari NISN TP.2008/2009 atas nama : NAMA : MUHAMMAD HUSNY SYAID TTL : 12/11/1994 ASAL SEKOLAH : SMPN 15 PEKANBARU guna untuk mendaftar ujian nasiaonal tingkat SMK. terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah