Home » » Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh - Sebelumnya kami telah menulis Contoh Daftar Pustaka, berikutnya kami akan memberikan Contoh Perbedaan Penulisan Skripsi dengan Metode Kualitatif dan Kuantitatif.  Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang harus ditulis sebagai bagian dari persayaratan untuk menyelesaikan pendidikan pada jenjang S-1 atau Sarjana.  Skripsi dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan kajian pustaka atau kerja pengembangan (proyek).

Pengertian Skripsi hasil penelitian lapangan adalah jenis karya tulis ilmiah yang berorientasi pada pengumpulan data empiris di lapangan.  Ditinjau dari pendekatan yang digunakan, penelitian lapangan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif berikut ini merupakan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh :


- Metodologi Metode Penelitian Kualitatif
Pengertian Metodologi Penelitian Kualitatif adalah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif.  Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.

Metodologi Metode Penelitian Kuantitatif
Pengertian Metodologi Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang dimaksud untuk mengungkapkan gejala secara holistik-konstektual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci.  Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif.  Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.  ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya.  Oleh karena itu, laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh dengan nilai-nilai otentik.

Berikut ini Perbedaan mendasar Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif :


Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh 

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh

Konsep dasar dari dua metodologi ini perlu dipahami bagi teman-teman yang ingin dan akan menulis Skripsi.  Karena ini merupakan pijakan dasar kita dalam melakukan penelitian.  Mengetahui pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif | Perbedaan dan Contoh akan membuat kita jelas kemana arah penelitian yang akan kita lakukan.

3 komentar:

  1. terima kasih telah membantu saya. . :)

    BalasHapus
  2. mohon maaf, pada pembahasan metodologi metode penelitian kuantitatif sepertinya ada yang salah ketik. seharusnya penelitian kuantitatif tapi tertulis kualitatif. saran saya agar segera diedit. sekian terima kasih. .

    BalasHapus
  3. point D sepertinya terbalik :) mohon diteliti kembali

    BalasHapus