Home » , » Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal - Usaha dan bisnis ikan lele sangat menggiurkan, hal ini dikarenakan pangsa pasar ikan lele yang terus meningkat.  Bisa kita lihat di sepanjang jalan khususnya di pulau Jawa, banyak berjejer orang yang berjualan pecel lele.  Tentu saja hal ini merupakan salah satu peluang yang sangat baik bagi yang ingin mencoba Budidaya Ikan Lele ini.

Berbicara mengenai budidaya lele, kali ini egg-animation akan mencoba memberikan informasi mengenai Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal.  Bila dibandingkan budidaya ikan lainnya, Teknik Beternak ikan Lele bisa dibilang cukup mudah dikarenakan tidak dibutuhkan penanganan khusus.  Hal yang harus di siapkan bagi teman-teman yang ingin Budidaya adalah Lahan untuk pembuatan Kolam Terpal.  Adapun lahan yang dipersiapkan minimal 5m x 2m.  Tentu saja hal ini disesuaikan dengan kapasitas dan rencana teman-teman untuk Budidaya Lele ini.

Selanjutnya keruk lahan tersebut sedalam kurang lebih 50m. Hal ini cukup penting untuk membantu terpal menahan beban air. Pastikan tanah telah dibersihkan dan harus rata, kemudian di tengah-tengah kolam buatlah cerukan kecil memanjang seperti parit untuk saluran air.  Berikut ini gambar nya :

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal


Selanjutnya siapkan rangka untuk terpal tersebut didalam kolam.Pastikan ukuran rangka adalah 5 x 2 x 1,5m (P x L x T) (sesuai ukuran lahan yaitu 5mx2m) sehingga pemasangan terpal nantinya akan mudah dengan ukuran yg presisi.  nah untuk rangka terpal ini sampai dengan saat ini memang paling banyak menggunakan bahan bambu tetapi sekarang banyak juga yang mulai beralih menggunakan rangka besi, seperti Gambar dibawah ini :

 
Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal


Langkah berikutnya adalah pemasangan terpal itu sendiri di kolam yang sudah dikeruk dan ditempeli bambu atau rangka besi.  Ukuran terpal disesuaikan dengan ukuran kolam tentunya. Kemudian bersihan terpal dengan digosok-gosok menggunakan air, agar zat-zat kimia dalam terpal terbuang.  Perlu diingat jangan membersihkan dengan sabun !!.  Masih dalam Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal, selanjutnya pasang terpal mengikuti rangka bambu atau besi tersebut.  Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar terpal tidak sobek.  Kemudian terpal diikatkan setiap sisinya.  Nah berikut ini gambarnya :

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal


Setelah selesai saatnya mengisi kolam tersebut dengan air.  Teman-teman bisa menggunakan air dari mana saja, tapi dengan syarat kadar besinya rendah.  Apabila menggunakan air PDAM/PAM wajib diendapakan terlebih dahulu kurang lebih 2-3 hari agar kaporit yang terkandung menguap.  Air yang diisi kurang lebih ketinggian 50 cm.

Berikan pupuk kandang yang sudah diletakkan di dalam karung dan diikat serta digantungkan hingga setengah karung terendam dalam air. Jumlahnya sekitar 1-1,5 kg/m2 atau untuk 10m2 berkisar 10-15 kg.   Selanjutnya Air akan berangsur-angsur menjadi hijau terang (pengalaman hari ke 4-5 akan kelihatan hijau), setelahnya akan semakin pekat.  Teman-teman harus menunggu selama 8 hari dan kemudian angkat pupuk kandang dari kolam tersebut.  Nah pada hari berikutnya (hari ke-9), lakukan penebaran benih ikan lele sekitar pukul 11 pagi sampai 3 sore hari.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal


Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah