Home » » Isi Teks Sumpah Pemuda

Isi Teks Sumpah Pemuda

Isi Teks Sumpah Pemuda Asli - Saat ini pengetahuan masyarakat mengenai sejarah perjalanan bangsa Indonesia semakin luntur.  Banyak masyarakat tidak mengetahui dan bahkan sudah lupa dengan momen-momen penting dari sejarah perjalanan kebesaran Bangsa Indonesia terutama ketika berjuang melepaskan diri dari penjajah seperti Belanda, Jepang dan Inggris.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/7/7a/Kongrespemuda2.jpg/300px-Kongrespemuda2.jpg

Saat ini perayaan momen bersejarah bangsa Indonesia hanya bersifat seremonial atau perayaan belaka tanpa benar-benar menyadari arti dari moment tersebut secara utuh.  Tanggal 28 Oktober 2011 besok merupakan salah satu momen sejarah penting dalam perjalanan Indonesia hingga bisa berdiri tegak sampai dengan saat ini.


28 Oktober merupakan Hari Sumpah Pemuda, dimana itu semua merupakan awal dari kebangkitan para pemuda Indonesia untuk bersatu dan bangkit melawan penjajahan yang sedang berlangsung.Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI tersebut, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Salah satu hal yang terkenang dari tanggal 28 Oktober ini adalah Isi Teks Sumpah Pemuda yang mampu membangkitkan rasa perjuangan dan persatuan.  Berikut ini lengkapnya :

Isi Teks Sumpah Pemuda Asli / Original


    Pertama
    Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
    Kedoea
    Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
    Ketiga
    Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

    Pertama
    Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
    Kedua
    Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
    Ketiga
    Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Rumusan Sumpah Pemuda ini ditulis Moehammad Yamin. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin .

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah