Home » » Hati-hati Jangan Umbar Foto & data Sembarangan di Facebook

Hati-hati Jangan Umbar Foto & data Sembarangan di Facebook

artikel ini terdapat di http://egg-animation.blogspot.com

Bagi para narsis mania, tentu berfoto ria merupakan kewajiban setiap saat yang harus dilakukan.  Dimanapun, kapanpun dan dengan gaya apapun foto merupakan suatu keharusan dan wajib hukumnya...berfoto ria merupakan hal yang bebas dilakukan setiap orang, tetapi bagi para narsis mania yang hobi berfoto dan sering berbagi foto tersebut jangan sampai teledor dalam mengupload foto ke dunia maya khususnya Facebook.  

Saat ini banyak orang yang membagi foto mereka dengan orang lain di Facebook, sampai - sampai foto pribadi dan yang bersifat private diumbar melalui situs jejaring sosial ini.  Ada orang yang beranggapan fitur privacy setting di Facebook, dimana hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto kita merupakan cara aman agar foto kita tidak secara umum bisa dilihat oleh orang lain.  Tetapi semua itu percuma, segala foto yang telah kita upload, walaupun sudah tersetting tetap masih bisa di publikasikan kepada orang lain.  Foto yang sudah kita deleted dalam account Facebook pun pada kenyataannya masih tersimpan di dalam server Facebook sendiri, sistem deleted hanya berpengaruh pada tampilan front end (user) facebook saja.

Sebagai ilustrasi :

Jika anda sedang menggunakan Windows XP, kemudian anda akan mendeleted file yang tidak diinginkan.  File yang di deleted itu tidak akan langsung terhapus begitu saja, tetapi masuk kedalam sistem recycle bin.  dan file itu bisa dibuka kembali..


Nah jelaskan?..jangan sampai kita mengupload foto yang sebenarnya bukan konsumsi publik tetapi kita maen upload wae...Jangan sampai foto-foto anda pun di edit oleh pihak-pihak yang iseng seperti gambar di bawah ini :

Ini foto aslinya :
di edit oleh orang-orang iseng..":



Parah kan??...btw maaf kalau orang yang difoto merasa terganggu sumber foto dari sini.  Ya saya disini hanya sekedar mengungkapkan pendapat dan mengingatkan, bisa saja foto kita jadi bahan tertawaan orang lain karena di edit oleh orang-orang kreatif yang selera humornya tinggi..hehe

Facebook memiliki hak cipta atas upload foto Anda
Dan satu hal lagi disini bahayan Facebook.  Ketika kita membuat account facebook, ada term of use yang harus anda setujui ketika membuat account facebook.  Memang kita sering mengabaikan persyaratan tersebut, karena cukup panjang.  Tetapi apakah kita tahu bahwa apabila kita sudah membuat account facebook, segala data yang ada dalam account facebook miliki kita, juga menjadi hak milik facebook itu sendiri.  Dan facebook bisa menggunakan data baik foto maupun informasi lainnya untuk digunakan untuk kepentingan tertentu.  Dan apabila dikemudian hari data kita tersebar, kita tidak dapat menuntut facebook karena memang data yang kita submit di facebook secara otomatis sudah dimiliki hak ciptanya oleh facebook dan kita tidak bisa menuntut karena sudah ada dalam terms of use (persyaratan) ketika kita mendaftar account Facebook.

Ini adalah bagian yang perlu disimak.

When you post User Content to the Site, you authorize and direct us to make such copies thereof as we deem necessary in order to facilitate the posting and storage of the User Content on the Site. By posting User Content to any part of the Site, you automatically grant, and you represent and warrant that you have the right to grant, to the Company an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to use, copy, publicly perform, publicly display, reformat, translate, excerpt (in whole or in part) and distribute such User Content for any purpose, commercial, advertising, or otherwise, on or in connection with the Site or the promotion thereof, to prepare derivative works of, or incorporate into other works, such User Content, and to grant and authorize sublicenses of the foregoing.

You may remove your User Content from the Site at any time. If you choose to remove your User Content, the license granted above will automatically expire, however you acknowledge that the Company may retain archived copies of your User Content. Facebook does not assert any ownership over your User Content; rather, as between us and you, subject to the rights granted to us in these Terms, you retain full ownership of all of your User Content and any intellectual property rights or other proprietary rights associated with your User Content.

Terjemahan kasarnya kira-kira sebagai berikut.

Saat anda upload gambar-gambar ke Facebook. Maka anda secara otomatis memberikan hak yang SANGAT PENUH, TANPA BISA DIBANTAH, TIDAK BISA DITARIK ULUR, ANDA TIDAK MUNGKIN MENANG, TERSERAH FACEBOOK MAU BERBUAT APA SAJA, BAIK SEBAGIAN MAUPUN SECARA KESELURUHAN, DIMANAPUN DI SELURUH DUNIA, UNTUK APA SAJA, DEMI KEPENTINGAN APA SAJA, MAU DIJADIKAN APA SAJA TERSERAH FACEBOOK, TANPA BERHUTANG TERHADAP ANDA, BAIK KOMERSIAL, ADVERTISING KEPENTINGAN FACEBOOK terhadap gambar-gambar tersebut. Jika anda memutuskan untuk menghapus gambar-gambar anda di akun Facebook tersebut namun bukan berarti Facebook tidak boleh menyimpan copy. Anda memperbolehkan Facebook memakai copy tersebut.


So masih ingin upload semua foto bersifat privacy di account Facebook kita?..

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah