Home » » Profil dan Biodata Novel Baswedan Penyidik KPK

Profil dan Biodata Novel Baswedan Penyidik KPK

Profil dan Biodata Novel Baswedan Penyidik KPK - Polemik antara Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dengan Polri semakin meruncing.  Polemik ini terjadi ketika  KPK melakukan penyidikan dugaan kasus korupsi dugaan Simulator SIM di Mabes Polri yang melibatkan para petinggi Polri salah satunya Irjen Pol Djoko Susilo.  Dari kasus ini mulai lah sebuah konflikantara dua institusi hukum di Indonesia.

Salah satu kabar yang paling baru yaitu rencana penangkapan penyidik KPK asal Polri bernama Novel Baswedan.  Novel Baswedan merupakan salah satu penyidik KPK yang menyelidiki kasus Korupsi  dugaan Simulator SIM di Mabes Polri.  Siapakah Profil dan Biodata Novel Baswedan Penyidik KPK ?  Novel Baswedan adalah mantan anggota Polri berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kompol) yang menolak untuk ditarik kembali ke Polisi setelah ditetapkan menjadi pegawai KPK.


Nama Novel Baswedan semakin mencuat ketika dirinya menjadi bagian tim penyidik kasus korupsi yang membelit Kepolisian.  Polisi seakan kebakaran jenggot karena penyidikan yang dilakukan KPK kepada institusinya, tercatat ada beberapa hal yang dilakukan polri seperti penarikan 20 Penyidiknya di KPK.  Tetapi ternyata ada 5 penyidik tersebut menolak untuk kembali ke kepolisian dan meminta alih status menjadi pegawai KPK, salah satu penyidik asal polisi ini adalah Novel Baswedan.

Yang baru-baru ini adalah rencana penangkapan oleh Novel Baswedan oleh pihak kepolisian karena kasus pidana yang terjadi 8 tahun yang lalu tepatnya tahun 2004.  Novel Baswedan sendiri adalah Mantan Kasatserse Polda Bengkulu periode 1999–2005. Tahun 2004, Novel Baswedan disangka telah melakukan tindak pidana dengan menembak pencuri sarang burung walet di Bengkulu.

Kasus itu sendiri menurut KPK melalui wakil KPK Bambang W telah dinyatakan selesai, dengan pengadilan Kode Etik kepolisian.  Tetapi janggalnya kasus itu dibuka kembali oleh Polisi dengan alasan bahwa korban pencuri melaporkan tindakan pidana yang diduga dilakukan pihak Novel Baswedan, padahal sebetulnya yang melakukan penembakan adalah anak buah Novel Baswedan.

Kejanggalan berikutnya terjadi ketika Novel Baswedan sedang mengurusi kasus-kasus besar di KPK, salah satunya adalah Kasus dugaan korupsi Simulator SIM.  Bambang W juga menjelaskan kejanggalan lainnya adalah adanya upaya sistematis untuk melemahkan  KPK.  Kemudian kejanggalan lain adalah kenaikan pangkat Novel, yang padahal apabila kasus pidana itu masih diselidiki mengapa Novel bisa naik pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi (Kompol).  Bukankah apabila tersandung kasus, sulit untuk naik pangkat apalagi dengan pangkat prestisius.

Novel Baswedan sendiri sudah hampir 6 Tahun mengabdi di KP.  Novel dikenal sebagai seorang yang pintar dan jenius maka dari itu banyak kasus-kasus besar diselidikinya.  Novel juga merupakan salah satu penyidik penting di KPK.  Kepribadian yaitu tegas dan low profil yang membuat banyak di segani oleh anak buahnya.    Tidak heran pangkatnya terus naik hingga Komisaris Besar Polisi.  Novel Baswedan sendiri merupakan sepupu dari Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan.

Profil dan Biodata Novel Baswedan Penyidik KPK


Profil dan Biodata Novel Baswedan Penyidik KPK Foto dan Gambar



sumber :

- http://nasional.news.viva.co.id/news/read/357104-dijemput-paksa--siapa-penyidik-kpk-novel-baswedan-

- http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/532996/

- http://www.tribunnews.com/2012/10/07/pria-tak-dikenal-kerap-intai-rumah-novel-hingga-subuh




100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

4 komentar:


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah