Home » » Cara Budidaya Cabe | Menanam Cabai

Cara Budidaya Cabe | Menanam Cabai

Tips Cara Budidaya Cabe | Menanam Cabai - Siapa sih yang tidak kenal dengan cabai.  Cabai merupakan tanaman yang memberikan rasa pedas terhadap setiap makanan.  Mengingat pangsa pasar dari tanaman cabe ini sangat besar sekali maka tidak heran banyak orang yang terjun ke bisnis jual beli cabe.

Nah pada kesempatan kali ini egg-animation akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana Teknik dan Cara Budidaya Cabe | Menanam Cabai.  Untuk bertanam Cabai tentu harus diperhatikan sebelumnya mengenai kondisi dari tanaman cabe itu khususnya Suhu, Cahaya, Tanah dan Air (baca bertanam cabai).  Sesudah kita mengetahui syarat-syarat untuk menanam Cabe, kita bisa langsung ke tahap Pembibitan, Pemupukan dan Penyiraman.


Cara Budidaya Cabe | Menanam Cabai


  • Cara Pembibitan Tanaman Cabe
a. Pilihlah Benih Cabai yang Berkualitas.   Hal ini dilakukan agar tanaman cabai yang kita budidayakan dapat tumbuh dengan baik dan produktif.  Bagaimana cara memilih benih cabai yang baik yakni pilihlah biji yang berasal dari buah yang besar, sehat, dan matang. Umumnya buah cabe yang matang berwarna merah tua. Belah biji memanjang, kemudian keluarkan dan pilih biji yang baik. Biji hasil seleksi kemudian di keringkan dengan cara di angin-anginkan.

b. Teknik Perlakuan Benih Cabai
Untuk dapat mempercepat tumbuhnya benih, Sebelum di semaikan, benih diperlakukan dengan cara merendamnya dengan air hangat selama 24 jam, biji yang terapung dibuang, sedangkan biji yang tenggelam digunakan sebagai benih.

c. Cara Penyemaian benih Cabe
Proses penyemaian benih cabe bisa dilakukan dengan menggunakan wadah kayu, pot, atau baki (try) dengan ukuran menyesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian untuk Media yang digunakan bisa berupa campuran kompos, pasir, dan pupuk kandang fermentasi atau cocopeat murni. Permbandingan antara kompos, pasir, dan kotoran ternak fermentasi 1:1:1.


  • Pemupukan

Pemupukan ini dilakukan untuk menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman cabai. Di dalam tanah sebenarnya telah tersedia unsur hara tetapi dalam jumlah yang tidak mencukupi untuk pertumbuhan tanaman secara maksimal. Dengan pemberian pupuk, maka tanaman cabe dapat tumbuh pesat sehingga dapat cepat berbunga dan berbuah. Pupuk yang dugunakan untuk tanaman cabe dapat berupa pupuk organik (alami) atau anorganik (buatan).

Unsur N sendiri diperlukan untuk pertumbuhan vegetatif tanaman. Bila tanaman terlalu banyak unsur N, maka tanaman akan tumbuh terlalu subur sehingga sulit menghasilkan bunga. Dan Unsur P sendiri diperlukan untuk pertumbuhan generatif tanaman, yakni mendorong pembentukan dan pertumbuhan bunga dan buah. Sementara unsur K diperlukan untuk membentuk dan mengirim (transportasi) karbohydrat, mengatur kebutuhan air yang dibutuhkan jaringan tanaman, dan mendorong daya serap air. Unsur K sangat menetukan produktifitas tanaman dalam menghasilkan buah, baik jumlah atau mutunya.


  • Penyiraman

Teknik Penyiraman tanaman cabai sebaiknya dilakukan pada pagi hari,karena pada sing harinya tanaman banyak membutuhkan air untuk proses fotosintesis. Penyiraman sebaiknya dilakukan sebelum jam 09.00 pagi.  Semoga informasi mengenai Cara Budidaya Cabe | Menanam Cabai dapat bermanfaat ya, baca budi daya ikan lele


100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

1 komentar:


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah