Home » » Keris Pusaka Macam dan Jenis | Gambar

Keris Pusaka Macam dan Jenis | Gambar

Gambar Keris Pusaka Macam dan Jenis - Keris merupakan salah satu budaya asli Indonesia.  Keris selain dikenal sebagai alat senjata, keris juga merupakan suatu lambang dan simbol keilmuan seseorang.  Maka dari itu tidak sembarangan orang pada zaman itu memiliki keris, karena konon kabarnya keris merupakan alat senjata sakti yang memiliki magic / kekuatan ghaib yang mampu melindungi si pemilik dari gangguan-gangguan.

Di Indonesia Keris tidak hanya ada di Pulau Jawa, tetapi tersebar di Seluruh Indonesia.  Berikus in merupakan aneka Keris Keris Pusaka Macam dan Jenis serta gambarnya :] Baca Juga Tentang Pamor Keris


1.  Jenis Semenanjung atau disebut juga jenis utara.
Aneka Jenis ini merupakan jenis dan macam keris yang ditemukan di tanah Melayu, sebagai peninggalan dari kerajaan-kerajaan di tanah Melayu. Adapun Bentuk keris melayu ini dinamakan keris Ulu Demam, mengacu pada bentuknya yang mirip orang berpelukan karena demam. Sedangkan Ukiran keris ini didominasi ukiran bentuk persegi empat, khas ukuran jenis keris semenanjung.



Gambar Keris Pusaka Utara



2. Jenis kedua adalah keris jenis Pekakak.
Aneka Keris ini dinamakan Pekakak karena ulunya terbuat dari tanduk atau kayu yang kemudian dibentuk seperti burung Pekakak. Salah satu ciri khas dari jenis pekakak ini adalah mata keris yang lebih panjang dari mata keris pada umumnya. Keris Pekakak bisa memiliki 31 luk di mata kerisnya.


Gambar Keris Pekakak

Gambar Keris Pusaka Macam dan Jenis



3. Keris Sumatra.
Seperti namanya, keris ini berasal dari kepulauan Sumatra.  Aneka Keris jenis ini memiliki bentuk khas pada mata, ulu dan sarungnya. Keris model ini memiliki mata berbentuk tirus dan memanjang yang kemudian di sebut keris Panjang. Ada sebagian keris di Sumatra yang bermata pendek dan kemudian dikenal dengan sebutan keris Pendek atau Pandak. Ulu keris ini berbentuk bengkok dengan ornament bunga-bungaan sebagai hiasan.


Gambar Keris Pusaka Sumatera



4.Keris jenis berikutnya adalah jenis keris Jawa.
Aneka Jenis ini terlihat dari ciri khas pada ulunya yang berbentuk melengkung seperti pistol. Biasanya, keris model ini digunakan sebagai keris pusaka di jaman kerajaan-kerajaan di Jawa dahulu seperti Majapahit. Keris-keris pusaka Jawa yang terkenal adalah keris di jaman Kerajaan Singasari buatan Mpu Gandring. Pada keris Jawa terutama keris pusaka dipasang cincin pada bagian ulu keris nya yang disebut dengan pendongkok.

Gambar Keris Pusaka Jawa

Sebetulnya selain aneka dan macam jenis keris dia atas masih ada beragam macam keris yang lain seperti keris Madura dan Bali. Berbeda dengan keris Jawa, keris Madura dan Bali mudah dikenali dari bentuk ulu yang terbuat dari gading.  Masih banyak lagi macam Keris Pusaka Macam dan Jenis di Indonesia



100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

2 komentar:

  1. wah, bgus . .
    saya tertolong buat makalahnya . . xD

    sangkyu gan . . xD

    BalasHapus
  2. Om, tolong tambahin donk nama kerisnya, buat ngerjain tugas,, hehe

    BalasHapus