Home » » Waspada Teman anda di Situs Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, dll)

Waspada Teman anda di Situs Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, dll)


artikel ini terdapat di http://egg-animation.blogspot.com

artikel sebelumnya 

Berita terbaru mengenai penculikan oleh kenalan di Facebook semakin bertambah, kali ini dialami oleh Devie Permatasari (13), Siswa SMPN 28 Bandung (adik kelas saya ternyata). Ini berita selengkapnya disadur dari media online :


Liputan6.com, Bandung: Kesedihan bercampur rasa khawatir terpancar dari wajah kedua orangtua Devi Permatasari, Siswi kelas dua SMP Negeri 28 Bandung, Jawa Barat. Sejak tangal Selasa (5/10) lalu, Devi belum pulang ke rumah.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang teman sekolahnya, usai pulang sekolah lalu, remaja berusia (13 tahun) itu memiliki janji dengan teman yang baru dikenalnya lewat jejaring sosial facebook.


Kini, kedua orangtua Devi mengharapkan anaknya segera pulang. Kedua orangtua Devi sudah melaporkan perihal hilangnya anak mereka kepada aparat kepolisian. Namun hingga, Kamis (14/10) polisi belum juga mengetahui keberadaan Devi.


Selain ikut mencari informasi tentang keberadaan Devi, pihak sekolah setiap hari menggelar doa bersama agar siswanya itu segera pulang dan dalam keadaan sehat.


Kasus yang menimpa Devi bukanlah yang pertama kali terjadi. Untuk itu pengawasan orangtua termasuk guru-guru di sekolah harus lebih ditingkatkan, mengingat perkembangan teknologi dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.(IDS/AYB)



Waspada 
Hendaknya kita selalu waspada kepada teman-teman dunia maya kita, karena profile, data maupun foto teman kita bisa saja tidak sesuai dengan aslinya dan juga bisa saja profil facebook yang dibuat untuk kepentingan tertentu saja dan akhirnya merugikan diri kita sendiri.  Banyak sekali tips2 dan pemakaian facebook yang bijak. (Gunakan facebook secara bijak Jangan Umbar data di facebook) . 

Tapi yang pasti kita jangan pernah bercerita kehidupan pribadi kepada seseorang yang belum kita kenal baik secara langsung maupun orang yang kita kenal melalui media online.  Karena bisa saja ada niat tidak baik dari orang yang belum kita kenal tersebut, dan juga untuk orang yang kita kenal bisa saja account palsu ataupun accountnya dibajak.  Jadi waspada merupakan hal yang sangat penting..

Batasi diri kita, anda dalam menggunakan facebook.  Jangan sampai data pribadi dan private kita tersebar luas di internet, pilahkan secara bijak mana data yang bisa dikonsumsi publik maupun bersifat sangat pribadi.  

Jangan salahkan facebook, karena facebook hanyalah media dan kita sebagai pengguna yang mengetahui baik dan buruknya ketika menggunakan media ini.

untuk membantu penyebaran orang hilang a.n  Devi Permatasari, ini fotonya :
Semoga cepat ditemukan dengan selamat dan pelakunya dijerat sesuai dengan perbuatannya.

tidak ada asap apabila tidak ada api, tidak akan ada akibat apabila tidak ada sebab

UPDATE
Devi Akhirnya ditemukan


Bandung - Devie Permatasari (13) siswi SMPN 28 Bandung yang diduga diculik oleh teman facebooknya dengan akun Reno Tofik, akhirnya telah ditemukan di Pegaden Subang, Rabu malam (20/10/2010). Saat ditemukan Devie bersama dengan Reno Tofik yang mempunyai nama asli Taufik Hidayat.

"Ya sudah ditemukan di daerah Pagaden Subang tadi malam. Pelaku yang bawa Devie sekarang ada di Polsek Lengkong," ujar Kapolsek Lengkong AKP Philemon Ginting melalui telepon, Kamis (21/10/2010).

Menurut Philemon, pelaku mempunyai nama asli Taufik Hidayat. Ia sengaja mengubah namanya di facebook menjadi Reno Tofik.

Devie tak kembali ke rumah usai pulang sekolah pada tanggal 5 Oktober 2010 silam. Kepada temannya, Devie mengaku pulang sekolah janjian bertemu teman facebooknya bernama Reno. Setelah itu, Devie menghilang.

Alhamdullilah, semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua..karena setiap ada kejadian pasti terdapat hikmahnya

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah