Home » » Angklung Warisan Dunia Asal Indonesia mulai November 2010

Angklung Warisan Dunia Asal Indonesia mulai November 2010


artikel ini terdapat di http://egg-animation.blogspot.com

Masih ingat ketika negara tetangga dan serumpun  (Malaysia) mengklaim banyak budaya miliki Indonesia, Angklung salah satunya.  Tetapi sekarang kita bangsa Indonesia bisa dibilang harus berterima kasih kepada klaim Malaysia ini, yang pada akhirnya menimbulkan rasa kepedulian kita Bangsa Indonesia akan budaya Indonesia.  Pendaftaran Paten Warisan kebudayaan  yang dilakukan Pemerintah Indonesia salah satu dari action langsung dari Pemerintah.  Jadi disini kita harusnya patut berterima kasih kepada Malaysia yang pada akhirnya menggungah kesadaran rakyat Indonesia, akan kekayaan kebudayaan yang kita miliki..hehe..Coba bayang kan seandainya Malaysia tidak mengklaim sepihak budaya Indonesia, bisa dibilang kebudayaan asli dan milik Indonesia akan luput dari perhatian Masyarakat dan Pemerintah.  Tapi ya kalau terus-menerus mengklaim, nanti juga Malaysia malu sendiri..Ini berita mengenai Angklung yang menjadi Warisan Budaya Dunia asal Indonesia :

Bandung (ANTARA) - Alat musik tradisional Angklung akan dikukuhkan sebagai salah satu warisan budaya dunia atau "World Intangible Heritage" oleh UNESCO pada bulan November 2010.
"Insya Allah, Angklung pada bulan November atau Desember ini akan dikukuhkan sebagai `World Intangible Heritage` atau warisan dunia oleh UNESCO, yang berasal dari Indonesia" kata Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof dr H Arief Rachman, di Gedung Pakuan Bandung, Senin.
Ia mengatakan, dengan dikukuhkannya angklung oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, maka tidak akan ada lagi negara lain yang mengaku (klaim) angklung.
"Kalau Malaysia ingin memiliki (angklung) silakan saja, tapi kan harus dilihat sumber mata airnya (angklung) dari mana," katanya.
Selain angklung, pihaknya juga sedang mengupayakan agar budaya lainnya di Indonesia seperti Kain Tenun, Tari Saman bisa dikukuhkan sebagai akan dikukuhkan sebagai "World Intangible Heritage" atau warisan dunia oleh UNESCO yang berasal dari Indonesia.
"Kami juga sedang mengupayakan agar kebudayaan lain di Indonesia seperti Tari Saman dan Kain Tenun bisa dikukuhkan UNESCO sebagai "World Intangible Heritage"," katanya.
Sebelumnya, angklung juga diramaikan telah diklaim oleh Malaysia sebagai alat musik asli negara itu.
Selain adanya pengamanan dan pengakuan angklung sebagai warisan budaya dunia, juga akan berdampak secara ekonomis.
Para perajin angklung akan diuntungkan dengan mendapatkan banyak pesanan angklung dari dalam dan luar negeri. ( sumber )


Setelah searching beberapa website, saya menemukan blog yang cukup menarik karena dalam website ini mengaku kalau Angklung (Music Bamboo) ini dari Malaysia tetapi disisi lain, Malaysia mengakui kalau musik ini datang dari Jawa. ini link websitenya


Dibawah ini video orang Malaysia yang sedang bermain Music Bamboo alias Angklung


Note : saya yakin, orang malaysia itu pasti kursus dulu di Indonesia, antara Saung Mang Udjo atau Angklung Web Institute..hahaha

Memang ada pepatah mengatakan, Untuk menyatukan suatu bangsa maka perlu ancaman yang ditujukan kepada bangsa itu, karena dengan ancaman itu membuat suatu bangsa yang terpecah belah menjadi satu untuk mengatasi ancaman tersebut..So..apa Indonesia perlu diancam dulu apabila ingin bersatu ?..


0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah