Home » » ATASI GROGI BERBICARA DIDEPAN UMUM

ATASI GROGI BERBICARA DIDEPAN UMUM



Menjadi seorang public speaking memang perlu keberanian besar. Berbicara di depan orang banyak dan jadi pusat perhatian bukanlah hal yang mudah. Tapi jangan takut, ada tipsnya lho...

Berbicara di depan orang banyak bukanlah suatu hal yang mudah. Rasa takut membuat kesalahan, dan rasa panik serta grogi, membuat perut serasa dikocok, dan tangan mengeluarkan keringat dingin. Ternyata ada tips untuk menjadi public speaking yang handal, ini dia:

1. Sadari bahwa orang lain akan merasakan hal yang sama ketika ada di posisi Anda. Jadi jangan biarkan orang-orang yang menonton tersebut membuat Anda panik.

2. Bicaralah perlahan, walaupun grogi jangan biarkan kepanikan membuat Anda berbicara terburu-buru. Karena jika Anda terburu-buru risiko slip tounge sangat besar terjadi, dan pasti hanya akan membuat Anda terlihat konyol.

3. Pelajari benar topik yang akan Anda bicarakan. Semakin dalam pemahaman Anda terhadap topik, maka kepercayaan diri akan semakin besar. Anda akan semakin mantap dalam berbicara.

4. Jika Anda merasa sangat panik sampai-sampai tidak ada suara yang keluar dari mulut, tariklah nafas panjang, rilekskan diri Anda sesaat.

5. Buka mulut Anda lebar-lebar saat berbicara, agar suara yang dihasilkan jelas, dan berbicaralah selantang mungkin. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki kepercayaan diri, dan membuat orang yang mendengar yakin dan percaya dengan omongan Anda.

6. Beristirahatlah pada tiap-tiap jeda topik, jangan terburu-buru. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengunakan pengulangan kata, seperti "jadi", "nggg" dan sebagainya.


Saya juga sedang belajar nih untuk tidak grogi, yang pasti berani bicara di depan umum dulu...Semakin sering kita berbicara di depan umum semakin lama akan semakin bisa..

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah