Home » » Mau bikin e-learning online Gratis !!!

Mau bikin e-learning online Gratis !!!

Semakin banyaknya website yang menyediakan hosting maupun domain gratis saat ini (seperti halnya blogger.com ini) secara langsung berdampak pada semakin pentingnya fungsi internet dalam kehidupan kita sehari-hari.


blogger.com, wordpress.com maupun website gratisan lainnya mungkin sudah kita ketahui. Tetapi ada satu website penyedia khusus CMS moodle. CMS Moodle ialah salah satu bentuk CMS khusus pembelajaran online atau istilahnya dikenal dengan nama e-learning. Banyak sekali fungsi dari Moodle ini (bisa cari di google sendiri y.hehehe). Nah sekarang saya sedang belajar moodle, sebagai orang awam saya beli CD tutorial, buku dan juga baca-baca artikel. Suatu ketika sudah membuat moodle di localhost, saya bingung bagaimana caranya mengupload moodle apalagi tempat hostingan saya menyarankan agar memakai VDS-VDS..VDS apaan tuh?setelah dijelaskan secara lengkap tetap saja saya nga ngerti..hehehe, maklum saya orang kino jadi harus langsung praktek biar jelas. Setelah googling ternya ada website penyedia moodle gratisan, namanya ninehub.


Kedengarannya emang aneh sih ninehub, tapi manfaatnya besar sekali. Setelah saya coba ternyata sangat mudah sekali membuatnya, sama halnya seperti membuat blog di blogger.com ini, langkah pertama kita klik www.ninehub.com :




Nah kemudian muncul tampilan diatas, klik Create Class...


Kemudian tinggal bikin domain kamu, beserta email address dan password kemudian submit.

Dalam sekejap kamu mempunyai situs pembelajaran online sendiri, dan GRATIS....

Tetapi saya kurang tau juga nih bagaimana ketika nanti modul2 pembelajaran sudah diupload apakah akan ada suatu trouble2??..tapi ya mudah2an nga, cape2 sudah editing dan upload semual modul masa error??..yang namanya situs gratisan kita harus waspada juga sih..Tapi sebagai pembelajaran awal bagus sekali dan bermanfaat untuk kita coba. Dari pada pembuatan proyek e-learning yang mencapai anggaran sangat mahal, mending kita coba dulu aja di situs gratisan ini. Setelah ternyata sukses baru kita sewa dan beli domain sendiri.


Selamat mencoba


4 komentar:


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah