Home » » Film Fiksi sebagai refleksi masa depan kehidupan manusia

Film Fiksi sebagai refleksi masa depan kehidupan manusia

Film diciptakan sebagai media sekaligus pembelajaran bagi manusia. Film adalah bagian dari dunia entertainment yang bersifat menghibur khususnya dalam dunia showbiz. Tujuan dasar pembuatan film yaitu untuk kepentingan bisnis hiburan semata. Tetapi agar bisnis hiburan ini mendapatkan keuntungan yang besar, maka film harus dibuat dengan sebaik mungkin agar dapat menarik penonton agar melihat film. Tetapi penikmat film saat ini merupakan penonton yang cerdas yang mampu melihat makna dan isi yang terkandung dari sebuah film. Saat ini film dilihat penonton dari isi dan cara penyampaian pesan yang terkandung didalamnya, walaupun efek, animasi dan instrumen-instrumen film itu canggih tetapi tanpa terkandung makna dan pesan yang mendalam maka film tersebut tidak akan disukai oleh banyak penonton. Contohnya saja film asal India Slumdog Millioner, sebuah film sederhana, berbiaya murah dengan aktor dan artis yang tidak terkenal tetapi mampu memikat jutaan penonton diseluruh dunia dan memenangkan piala oscar sebagai film terbaik dan penghargaan lainnya.

Tetapi yang menjadi pembicaraan dan pemikiran saya saat ini yaitu mengenai film-film fiksi. Film fiksi yaitu film yang menggambarkan suasana tidak sebenarnya, yang menggambarkan khayalan, imajinasi akan sesuatu yang akan terjadi dikemudian hari. Film fiksi biasanya bercerita tentang :

- Kehidupan manusia di masa depan

- Kecanggihan teknologi

- Gambaran masa depan bumi

- Kiamat

- Bencana alam

- Kehidupan luar angkasa


Film fiksi merupakan salah satu film favorit saya. Cerita dan makna yang terkandung di dalam film-film fiksi merupakan refleksi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Saya sering berpikir bahwa alur cerita film fiksi ini merupakan ciptaan orang-orang yang sangat kreatif dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya, dan saya juga suka berpikir bahwa film-film fiksi ini diambil dari ajaran-ajaran agama tentang masa depan. Contohnya saja mengenai kiamat dan kehidupan manusia yang baru. Cerita film fiksi juga dirasa masuk akal karena melihat kejadian kehidupan manusia saat ini, contohnya saja dalam film
The day After Tommorrow yang bercerita tentang perubahan iklim di bumi menjadi seperti zaman es. Bila kita refleksikan kehidupan saat ini dibumi yang iklimnya tidak menentu dan mengakibatkan global warming. Iklim di bumi bisa berubah tanpa sepengetahuan manusia


Kemudian dalam film Armageddon yang bercerita tentang sebuah asteroid yang akan menabrak bumi. Bila dalam kehidupan nyata para ahli beragumen bahwa di jagat raya ini terdapat banyak sekali asteroid dan ada salah satunya akan menabrak bumi pada tahun 2041 (lihat berita disini)


Selanjutnya ada film Waterworld, bercerita tentang kehidupan di bumi yang hampir seluruhnya terdiri dari air. Dan kehidupan darat sudah tenggelam seluruhnya akibat pencairan es di kutub utara, dalam film itu juga bercerita bahwa tanah adalah sesuatu yang amat mahal dan diperebutkan oleh manusia. Jika kita lihat kembali mengenai pencairan es kutub utara, maka hal itu bisa saja terjadi karena daratan tenggelam oleh pencairan es. Saat ini saja sudah beberapapulau-pulau kecil di indonesia tenggelam (lihat berita) akibat naiknya air laut akibat pencairan es di kutub utara dan selatan.


Kemudian ada lagi film terbaru yang saya tonton, yaitu film yang dibintangi nicolas cage berjudul KNOWING. Yaitu film yang bercerita antara ramalan, gambaran kehidupan masa depan dalam agama dan penelitian. Film itu bercerita tentang adanya badai di matahari, yang mengakibatkan percikan panas dari matahari menghanguskan kehidupan di bumi. Ada ramalan dan penelitian para ahli bahwa tahun 2012 akan terjadi badai matahari, seperti beberapa sumber berita di bawah ini :

f. dan masih banyak lainnya (googling aja..hehehe)


Sedangkan gambaran menjelang kiamat dalam agama, khususnya agama islam dipaparkan bahwa ” hanya kaum yang terpilih (beriman dan bertaqwa) yang akan berada dalam dan nauangan Allah SWT di hari kiamat nanti (lihat disini).


Melihat dari gambaran diatas keterkaitan antara cerita film fiksi dan kehidupan manusia sebenarnya bayangan akan kehidupan kita kelak. Film fiksi mempunyai pesan dan isi yang sangat mendalam bagi manusia. Misalnya dalam film 6 th day yang bercerita tentang cloning yang dibintangi oleh Arnold S. Dalam film itu diceritakan akibat-akibat buruk dari pengkloningan manusia, yang saat ini sedang banyak diteliti oleh para ahli. Tetapi para ahli tetap saja melakukan percobaan kloning dengan dalih perkembangan ilmu pengetahuan, padahal jauh sebelum itu film yang dibintangi oleh arnold bercerita dampak buruk yang mungkin terjadi dari kloning. Kemudian dalam film hollywood yang perannya bernama Violet, yang bercerita tentang kehidupan manusia yang dipenuhi oleh virus. Dalam film itu diceritakan bahwa seluruh kehidupan manusia dikelilingi oleh virus mematikan, kehidupan manusia otomatis berubah. Kemana-mana tubuh manusia selalu di vaksinasi kemudian memakai masker dan pelindung tubuh. Gaya kehidupan manusia dalam film itu, hampir sama seperti kejadian virus Flu babi saat ini (lihat beritanya). Virus flu babi yang mematikan menjadikan warga dunia khawatir akan virus ini, khususnya di negara Meksiko (lihat beritanya) yang menjadi warganya harus divaksinasi setiap saat dan memakai masker pelindung agar terhindar dari virus ini. Keadaan ini mirip sekali dengan film yang bercerita tentang virus mematikan yang melanda dunia tersebut.


Sangat disayangkan apabila film-film fiksi Cuma sebagai salah satu alternatif hiburan saja bagi kita tanpa merenungi dan menghayati pesan yang terkandung di dalamnya. Film fiksi sebenarnya mempunyai inti cerita untuk mengubah pandangan dan perilaku manusia agar selalu berbuat kebaikan, melindungi dan melestarikan lingkungan, tidak serakah, mementingkan kepentingan orang lain, bersikap manusiawi dalam bertindak, dan selalu berpegang dan berpedoman pada agama. Ada beberapa film fiksi yang merupakan refleksi kehidupan masa depan manusia, antara lain :

- Wall -E

- The day after tommorrow

- Knowing

- Armageddon

- Underworld

- Waterworld

- Cloning

- Resident Evil

- Independence day

- Jurrasic Park

- Back to the future

- Stargate

- Startrek

- I Robot

- James bond

- Transformer

- X – man


ada yang mau manambahkan lagi....?









0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah