Home » » Info Mudik Gratis Lebaran 2013

Info Mudik Gratis Lebaran 2013

Jadwal Info Mudik Gratis Lebaran 2013 - Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan saat idul fitri / lebaran tiba.  Jutaan masyarakat Indonesia berbondong-bondong pulang ke kampung halaman mereka.  Tentu saja mobilisasi transportasi dan manusia dalam waktu yang bersamaan membuat jalanan padat dan macet.

Banyaknya penggunaan kendaraan pribadi semakin menambah kemacetan jalanan, disisi lain banyak orang yang tidak dapat tiket transportasi massal seperti bus, kereta api, kapal ataupun pesawat terbang.  Dalam mengantisipasi mudik lebaran tahun 2013, tercatat pemerintah melakukan Info Mudik Gratis Lebaran 2013.

Kementerian Perhubungan sendiri mencatat setidaknya ada 20 instansi yang menggelar mudik gratis pada Lebaran 2013. Mudik gratis yang digelar tahun 2013 ini direncanakan dapat mengangkut 147.992 penumpang dan hampir 9.000 unit sepeda motor.

"Mudik gratis tahun ini akan menggunakan 2.343 bus untuk penumpang. Sementara sepeda motor akan diangkut dengan 57 truk, 1 kapal TNI, 1 kapal Pelni dan 2 Kapal Roro," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan ketika dihubungi Tempo, Kamis, 1 Agustus 2013.

Bambang mengatakan mudik bersama ini akan berangkat bergiliran mulai 1 Agustus 2013 hingga 6 Agustus 2013. Bambang menjelaskan salah satu tujuan mudik gratis bersama ini untuk mengoordinasikan dan mengalihkan penggunaan sepeda motor saat mudik.

"Seperti Jasa Raharja yang tadi sudah memberangkatkan rombongannya, peserta harus menunjukkan SIM dan STNK sepeda motor. Dengan jumlah peserta sekitar 15.000 orang, ini setara dengan 7.500 sepeda motor," kata Bambang.

Perusahaan pelat merah lain yang akan menggelar mudik gratis bersama adalah PT PLN (Persero). Juru Bicara PLN Bambang Dwiyanto mengatakan mudik gratis bersama tahun ini diikuti oleh 1.552 peserta yang akan diberangkatkan dengan 31 bus. Selain itu juga ada PT. Kereta Api yang melakukan mudik gratis para sepeda motor. 

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah