Tahap Perkembangan Janin Bayi

Tahap Perkembangan Janin Bayi - Perlu diketahui bahwa gen berkontribusi sekitar 60% dari perkembangan otak, 30% dari lingkungan pengembangan di dalam rahim dan dari gizi ibu sekitar 10%.  Meskipun gen menyediakan cetak biru dasar untuk perkembangan otak janin, perkembangan suara tergantung pada faktor-faktor eksternal tertentu, seperti gizi dan kesejahteraan ibu, menghindari paparan racun dan lainnya.

Semua kemajuan dan regresi dalam hidup dapat dengan mudah dikaitkan dengan cara kerja otak kita.  Perkembangan otak sendiri melibatkan pembentukan sistem, otak saraf dan sumsum tulang belakang, serta dimulai pada tahap embrio itu sendiri.  Berikut ini merupakan Tahap Perkembangan Janin Bayi dalam kandungan ibu hamil :


  • Proses Perkembangan Janin dalam Kandungan pada Minggu 1 - 4 ( Bulan Pertama)
Telur ditanamkan ke dinding rahim. Kemudian pada fase ini tulang punggung, sistem kardiovaskulas, otak, wajah, lengan, kaki dan jari-jari mulai terbentuk.

  • Proses Perkembangan Janin dalam Kandungan pada Minggu 5 - 8 ( Bulan Kedua)
Proses pembentukan organ-organ janin mulai berkembang dengan cepat dan sistem saraf mulai terbentuk
  • Proses Perkembangan Janin dalam Kandungan pada Minggu 9 - 12 ( Bulan Ketiga)
Pada fase ini fungsi sistem saraf berkembang, alat kelamin pun mulai berkembang, kemudian sumsum tulang belakang mulai terlihat.

  • Tahap Perkembangan Janin Bayi dalam Kandungan Minggu 13 s.d 16  (Bulan Keempat)
Fase ini merupakan penyelesaian dari trimester pertama dimana jantung, hati, limpa dan organ mulai berfungsi.  Janin bayi mulai mengambil makanan melalui plasenta dan bernafas.

  • Proses Terbentuknya Janin dalam Kandungan Minggu 17 s.d 20  (Bulan Kelima) 
Pada fase ini tulang tumbuh menjadi keras, kepekaan bayi terhadap cahaya berkembang dan otak mulai membentuk jutaan neuron motorik, serta sel-sel saraf pada fase ini akan membuat koneksi yang kompleks.
  • Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan pada Minggu 21 - 24 ( Bulan Keenam )
Pertumbuhan dan perkembangan janin terjadi dengan cepat.  Jantung semakn kuat, kemudian semua sel saraf telah terbentuk dan mulai bergabung satu sama lain.

  • Tahap Perkembangan Janin Bayi dalam Kandungan pada Minggu 25 - 28 ( Bulan Ketujuh )
Sumsum tulang belakang mulai mengeras, sistem saraf dan pernafasan mulai berkembang.  Gelombang otak semakin kuat dan meningkatnya kemampuan pendengaran dan sensor visual.  Otak memantau pernapasan dan mengatur suhu tubuh.


Fase ini disebut tahap trimester ketiga.  Otak terus tumbuh dan ukurannya akan meningkat dengan cepat yang juga akan membangun hubungan antara sel-sel saraf.  Otak bersama dengan paru-paru menjadi organ terakhir untuk terus berkembang. 

sumber : tipsmerawatbayi.com


Tahap Perkembangan Janin Bayi

Tahap Perkembangan Janin Bayi | Gambar | Proses



0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah