Home » , » Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal - Saat ini Ternak Ikan Lele merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan pangsa pasar ikan lele semakin luas dan terbuka lebar.  Malah dikabarkan peternak ikan lele sendir masih kurang dan kewalahan menghadapi pasar yang begitu banyak.

Nah sebelumnya kami juga sudah membahas bagaimana cara budidaya ikan lele.  Pada kesempatan ini kami akan membahas bagaimana Teknik Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal. Ada 4 langkah yang harus diperhatikan dalam budidaya Lele Kolam Terpal ini, nah disini kami akan membahas bagaimana cara membuat Kolam Terpal untuk Ternak Lele :

1. Cara Membuat Kolam Terpal untuk Ikan Lele :
Pertama-tama anda harus memersiapkan Lahan Tanah untuk Kolam Terpal untuk penampungan ikan lele ini.  Karena yang paling mahal adalah investasi tanah yang harus disediakan. Untuk ukuran tanah kolam terpal ikan lele ini adalah 2 x 5m yang kemudian dikeruk atau digali sedalam 50 cm, hal ini sangat penting untuk membantu terpal menahan beban air. Setelah itu Pastikan tanah telah dibersihkan dan harus rata, kemudian di tengah-tengah kolam buatlah cerukan kecil memanjang seperti parit untuk saluran air.

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat


2. Cara membuat Kolam Terpal Ikan Lele : 
Kemudian kita masuk ke dalam Pembuatan Rangka Untuk Kolam Terpal Lele. Setelah lahan untuk kolam terpal ikan lele sudah dikeruk dan siap maka langkah selanjutnya adalah membuat rangka pada sekeliling kolam setinggi 1m dengan pola seperti pagar,untuk ukuran rangka kolam terpal lele adalah 5 x 2 x 1,5m (P x L x T) sehingga pemasangan terpal nantinya akan mudah dengan ukuran yg presisi.  nah untuk rangka terpal ini sampai dengan saat ini memang paling banyak menggunakan bahan bambu tetapi sekarang banyak juga yang mulai beralih menggunakan rangka besi.

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

3.Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele : 
Langkah selanjut kita adalah Mempersiapkan Terpal dan Pemasangan Terpal.  Nah siapkan terpal dengan ukuran 5 x 8m ( disesuaikan dengan ukuran Kolam ) , kemudian bersihkan terlebih dahulu terpal tersebut dengan menggunakan air dengan cara menggosoknya dengan lap dan diulang beberapa kali supaya zat-zat kimia pada terpal terbuang, tidak dianjurkan menggunakan sabun.  Selanjunya terpal dipasang dengan mengikuti bentuk rangka bambu dengan hati-hati supaya terpal tidak bocor, kemudian lipat bagian pojok terpal mengikuti bentuk rangka, setelah itu isilah dengan air. Terakhir Rapikan terpal sambil melakukan pengisian air berlangsung, ini dapat membantu pemasangan terpal lebih mudah. Nah Setelah terpal terpasang dengan rapi, selanjutnya ikatkan setiap ujung atau sisi terpal dengan tali rapia yang ditambatkan pada rangka bambu, kemudian dilakukan pengisian air hingga ketinggian mencapai 50cm untuk Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal ini..

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

4. Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele 
Langkah terakhir dari pembuatan kolam terpal ikan lele adalah harus membuat pemupukan , fungsi pemupukan dalam Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal adalah untuk inmencapai PH air yg sesuai dg kebutuhan ikan lele. Caranya dengan menggunakan kotoran kambing, pertama kita masukan kotoran kambing pada karung sebanyak 15 kg, sebaiknya dibagi dua masing-masing 7,5 kg lalu cemplungkan kedalam kolam, biarkan menggantung dalam air jangan diberi pemberat. biarkan kolam selama 8 hari (minimal).


0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah