Home » » Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti

Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti

Download Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti - Menjelang Bulan Puasa Ramadhan 1433 H ini, egganimation akan memposting artikel-artikel mengenai tata cara ibadah terutama doa ketika kita melakukan ibadah Sholat.  Tuntunan Doa dan bacaan sholat ini merupakan runtutan atau rentetan bacaan ketika kita sholat baik itu sholat 5 waktu maupun sholat sunah lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini egganimation akan mencoba untuk sedikit berbagi informasi mengenai Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti.  Dalam Doa Bacaan Sholat ini ada 9 bacaan pokok, yaitu Bacaa Doa Iftitah, Bacaan Doa Al-Fatihah, Bacaan Doa surat-surat pendek, Bacaan Doa Ruku, Bacaan Doa I’tidal, Bacaan doa Sujud, Bacaan doa duduk diantara dua sujud, bacaan doa tasyahud awal, dan bacaan doa tasyahud akhir.

Terus apa yang membedakan antara tiap-tiap Sholat Fardhu seperti Sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya dengan Sholat Sunah seperti Sholat Dhuha, Tahajud, dll.  Perbedaan masing-masing  doa bacaan sholat yaitu terletak dari bacaan niat ketika hendak sholat.

Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti



  • Bacaan Doa Iftitah :
ALLAAHU AKBAR KABIIROO WAL HAMDU LILLAAHI KATSIIROO WASUBHAANALLAAHI BUKRATAW WAASHIILAA. INNII WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHOROS SAMAAWAATI WAL ARDHO HANIIFAM MUSLIMAW WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIIN. INNA SHOLAATII WANUSUKII WAMAHYAAYA WAMAMAATII LILLAAHIRABBIL ‘AALAMIIN. LAA SYARIIKA LAHUU WA BIDZAALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIIN.


  • Arti Bacaan Doa Iftitah :
Allah Maha Besar, Maha Sempurna Kebesaran-Nya. Segala Puji Bagi Allah, Pujian Yang Sebanyak-Banyaknya. Dan Maha Suci Allah Sepanjang Pagi Dan Petang. Kuhadapkan Wajahku Kepada Zat Yang Telah Menciptakan Langit Dan Bumi Dengan Penuh Ketulusan Dan Kepasrahan Dan Aku Bukanlah Termasuk Orang-Orang Yang Musyrik. Sesungguhnya Sahalatku, Ibadahku, Hidupku Dan Matiku Semuanya Untuk Allah, Penguasa Alam Semesta. Tidak Ada Sekutu Bagi-Nya Dan Dengan Demikianlah Aku Diperintahkan Dan Aku Termasuk Orang-Orang Islam.

Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Doa Surat Al Fatihah



  • Bacaan Doa Surat Al-Fatihah :
BISMILLAAHIR RAHMAANIR ROHIIM. AL HAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN. ARRAHMAANIR ROHIIM.MAALIKIYAUMIDDIIN. IYYAAKA NA’BUDU WAIYYAAKA NASTA’IINU. IHDINASH SHIROOTHOL MUSTAQIIM. SHIROOTHOL LADZIINA AN’AMTA ‘ALAIHIM GHAIRIL MAGHDHUUBI ‘ALAIHIM WALADHDHOOLLIIN. AAMIIN.


  • Arti Bacaan Doa Surat Al-Fatihah :
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala Puji Bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Penguasa Hari Pembalasan. Hanya Kepada-Mu lah Aku Menyembah Dan Hanya Kepada-Mu lah Aku Memohon Pertolongan. Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus. Yaitu Jalannya Orang-Orang Yang Telah Kau Berikan Nikmat, Bukan Jalannya Orang-Orang Yang Kau Murkai Dan Bukan Pula Jalannya Orang-Orang Yang Sesat.


Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Doa Ruku



  • Bacaan Doa Ruku :
SUBHAANA ROBBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. – 3 x

  • Arti Bacaan Doa Ruku :
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.


Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Doa I'tidal

  • Bacaan Doa I'tidal :
SAMI’ALLAAHU LIMAN HAMIDAH.ROBBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL ‘ULARDHI WA MIL ‘UMAASYI’TA MIN SYAI’IN BA’DU.

  • Arti Bacaan Doa I'tidal :
Semoga Allah Mendengar ( Menerima ) Pujian Orang Yang Memuji-Nya ( Dan Membalasnya ). Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.



Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Ketika Sujud

  • Bacaan Doa Ketika Sujud :
SUBHAANA ROBBIYAL A’LAA WA BIHAMDIH. – 3 x
  • Arti Bacaan Doa Ketika Sujud :
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi Dan Dengan Memuji-Nya.



Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Duduk Diantara Sujud

  • Bacaan Doa duduk diantara dua sujud :
ROBBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHDINII WA’AAFINII WA’FU ‘ANNII.
  • Arti Bacaan Doa Duduk diantara dua Sujud :
Ya Tuhanku ! Ampunilah Aku, Kasihanilah Aku, Cukupkanlah ( Kekurangan )-Ku, Angkatlah ( Derajat )-Ku, Berilah Aku Rezki, Berilah Aku Petunjuk, Berilah Aku Kesehatan Dan Maafkanlah ( Kesalahan )-Ku.




Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Tasyahud Awal

  • Bacaan Doa tasyahud awal :
ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWATUTH THOYYIBAATU LILLAAH. ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLAAHI WABAROKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBADADILLAAHISH SHOOLIHIIN. ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH.ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.
  • Arti Bacaan Doa tasyahud awal :
Segala Kehormatan, Keberkahan, Rahmat Dan Kebaikan Adalah Milik Allah. Semoga Keselamatan, Rahmat Allah Dan Berkah-Nya ( Tetap Tercurahkan ) Atas Mu, Wahai Nabi. Semoga Keselamatan ( Tetap Terlimpahkan ) Atas Kami Dan Atas Hamba-Hamba Allah Yang Saleh. Aku Bersaksi Bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah. ahai Allah ! Limpahkanlah Rahmat Kepada Penghulu Kami, Nabi Muhammad !.



Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti Tasyahud Akhir

  • Bacaan Doa tasyahud akhir :
ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWATUTH THOYYIBAATU LILLAAH. ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLAAHI WABAROKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBADADILLAAHISH SHOOLIHIIN. ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH.ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD. WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. KAMAA SHOLLAITAA ‘ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIM WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIM.WA BAARIK ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. KAMAA BAAROKTA ‘ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIM WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIM. FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUMMAJIID. YAA MUQALLIBAL QULUUB. TSABBIT QALBII ‘ALAA DIINIK.
  • Arti Bacaan Doa tasyahud akhir :
Segala Kehormatan, Keberkahan, Rahmat Dan Kebaikan Adalah Milik Allah. Semoga Keselamatan, Rahmat Allah Dan Berkah-Nya ( Tetap Tercurahkan ) Atas Mu, Wahai Nabi. Semoga Keselamatan ( Tetap Terlimpahkan ) Atas Kami Dan Atas Hamba-Hamba Allah Yang Saleh. Aku Bersaksi Bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah. ahai Allah ! Limpahkanlah Rahmat Kepada Penghulu Kami, Nabi Muhammad. Dan Kepada Keluarga Penghulu Kami Nabi Muhammad. Sebagaimana Telah Engkau Limpahkan Rahmat Kepada Penghulu Kami, Nabi Ibrahim Dan Kepada Keluarganya.Dan Limpahkanlah Berkah Kepada Penghulu Kami, Nabi Muhammad Dan Kepada Keluarganya. Sebagaimana Telah Engkau Limpahkan Berkah Kepada Penghulu Kami, Nabi Ibrahim Dan Kepada Keluarganya. Sungguh Di Alam Semesta Ini, Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Mulia. Wahai Zat Yang Menggerakkan Hati. Tetapkanlah Hatiku Pada Agama-Mu.



Demikian informasi mengenai Doa Bacaan Sholat beserta arti bacaan sholat , bagi yang ingin download Tuntunan Bacaan Sholat Doa dan Arti klik aja disini ya > download <


100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

25 komentar:

  1. Sangat bagus sekali isinya... karena saya ada niat untuk memahami arti bacaan sholat lebih dalam akhirnya saya sampai di blog ini.. :)
    Terima ksih sudah berbagi,

    salam,

    BalasHapus
  2. Bagus isinya... semoga BERMANFAAAT bg byk org...

    Salam SUkses Selalu!

    BalasHapus
  3. membantu sekali semoga bermanfaat ya kawan semua....

    BalasHapus
  4. Thanks gan :) membantu sekali infonya, kebetulan saya lagi perlu arti bacaan solat

    BalasHapus
  5. Tnks ats adnya info tentang yng sngat membantu dan membimbing sya agar dpat menjlan kan sholat dngan lebh baik. Dan benar

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, bagus bgt blog ini. Saya masih kls enam dan masih ada doa2 solat yg belum hapal, karena mau ujian jd saya skrg alhamdulillah rajin solat dengan membaca doa solat di blog ini. Alhamdulillah makasih ya

    BalasHapus
  7. bagus bgt makasih ya atas panduan'y :)

    BalasHapus
  8. terima kasih sudah berbagi. memang ini yg saya butuhkan.

    BalasHapus
  9. terima kasi gan...... artikelnya sangat membantu sekali, dan membimbing saya agar dapat mengerja kan sholat.

    BalasHapus
  10. Trima kasih, ini mmbuat saya untuk harus bertaubat ....

    BalasHapus
  11. gan ijin copas ya di blog ane.

    BalasHapus
  12. Saya terharu mengetahui arti dari bacaan sholat.. sangat indah dan tak ternilai.. sungguh agama islam begitu dalam.. terima kasih yaa Allah.. aku terlahir di kalangan org islam. Amiin

    BalasHapus
  13. Sangat membantu karna ada yang lupa . Yaitu doa wakti ruku dan sujud

    BalasHapus
  14. Trims sangat membantu dan mendidik.

    BalasHapus
  15. Sangat membantu karna ada yang lupa . Yaitu doa wakti ruku dan sujud

    BalasHapus
  16. Terima kasih artikel ini sangat membantu dan bermanfaat..

    BalasHapus
  17. Kenapa gak pAke doa salamnya juga...??
    Tpi makasih banget dahh bantu...

    BalasHapus
  18. sangat terbantu, terima kasih

    BalasHapus
  19. apakah Tasyahud Akhir ada br macam'' ??

    BalasHapus
  20. apakah Tasyahud Akhir ada bermacam''

    BalasHapus


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah