Home » » Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia

Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia

 artikel ini terdapat di http://egg-animation.blogspot.com

Cukup kaget juga ketika saya mendengar akan ada Liga Primer Indonesia (LPI), saya kira Liga Super Indonesia (LSI) yang digelontorkan PSSI tiap tahunnya berubah nama..eh taunya ternyata Liga Primer Indonesia berbeda dengan Liga Super Indonesia yang diselenggarakan oleh PSSI, bisa dibilang Liga Primer Indonesia ini adalah liga tandingan dari Liga Super Indonesia.  Liga Primer Indonesia ini digagas oleh pengusaha Nasional Arifin Panigoro, dengan format liga berdasarkan kesepakatan para klub. LPI yang diklaim independen ini akan didukung oleh konsorsium yang dibentuk oleh sejumlah pengusaha nasional yang dibentuk oleh Arifin Panigoro, pengusaha yang merupakan pemilik Grup Medco.Pengelola LPI mengklaim bahwa kompetisi tersebut dibentuk bukan untuk menandingi kompetisi yang dibuat oleh PSSI dan Liga Indonesia. LPI bertujuan untuk memperbaiki kompetisi yang sudah ada.

"Apa yang kami lakukan ini sudah dilakukan Inggris pada 1992, Skotlandia pada 1998, dan Italia pada tahun ini. Di negeri-negeri itu, federasi sepak bola tetap dilibatkan dalam pengelolaan kompetisi," tutur Arya.

Perbedaan antara kompetisi yang digelar PSSI saat ini dengan LPI dan di negara-negara tadi, adalah kedudukan penyelenggara kompetisi yang sejajar dengan federasi sepak bola.
Perbedaan lainnya, LPI dan kompetisi di tiga negara tadi dimiliki oleh pesertanya sehingga seluruh keuntungan yang didapat dari kompetisi itu dikembalikan ke peserta. Sedangkan kompetisi di Indonesia pada saat ini dimiliki oleh PSSI. Klub tidak mendapatkan keuntungan finansial apa pun dengan mengikuti kompetisi tersebut.Selain itu, LPI juga dibentuk dengan tujuan agar klub-klub peserta bebas dari suntikan dana APBD. Nantinya, klub peserta akan diberi modal dengan besaran beda tergantung kebutuhan. Agar modal tidak diselewengkan, setiap klub bakal diaudit oleh auditor publik.Mengenai kemungkinan adanya tekanan kepada klub-klub tersebut nantinya, menurut Arya, PSSI dan PT Liga Indonesia tidak bisa semena-mena dan mencoret klub-klub yang akan berpartisipasi di LPI. PSSI bisa kena sanksi FIFA jika melakukan hal itu. "PSSI tidak bisa melarang klub berkompetisi.

Saya sangat setuju dengan adanya Liga Primer Ini (LPI) dimana situasi persepakbolaan nasional yang semakin terpuruk baik dari sisi prestasi maupun tubuh PSSI nya, ya u know lah permasalahan PSSI sekarang seperti apa..dengan adanya Liga Primer Indonesia seharusnya para klub memiliki alternatif lain dari Liga Indonesia, dimana rencananya akan dikelola secara professional dan lebih menguntungkan klub dan pembinaan pemain..Kami para warga Indonesia yang cinta akan persepakbolaan Indonesia, mendukung keberadaan dan eksistensi serta keseriusan dari Liga Primer Indonesia (LPI) ini, semoga menjadi alternatif lain dari pengelolaan sepakbola Indonesia agar lebih baik lagi..

dukung facebooknya disini : 


0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah