Home » » Rumah Panggung

Rumah Panggung

Tulisan berikut ini dibuat untuk mengikuti lomba writting competition "Rumah Sehat dan Nyaman" yang diadakan oleh Holcim. Jangan Lupa Vote y..


Cara Vote :
a.
Klik Gambar dibawah ini


b. Register/Login terlebih dahulu

c. Kemudian Vote Tulisan link berikut ini kemudian berikan komentar juga


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Rumah sehat dan nyaman sebenarnya mengandung 2 makna yaitu sehat dan nyaman itu sendiri. Rumah Sehat mengandung arti dimana rumah tersebut bebas dari segala sesuatu yang menimbulkan penyakit, sedangkan Rumah Nyaman mengandung arti Rumah yang enak untuk kita tinggali dalam arti "Rumahku Istanaku".

Untuk merancang Rumah Sehat dan nyaman saya kira banyak yang patut untuk diperhatikan, tetapi disini saya bagi 2 kategori untuk rumah nyaman dan sehat:


1. Lingkungan Fisik

Desain dan rancangan sebuah rumah merupakan sebuah seni tersendiri dilihat dari bentuknya. Definisi rancangan rumah yang baik pastinya berbeda antara satu orang dengan orang lain, karena itu mengandung seni. Sedangkan seni sendiri sangat abstrak karena merupakan kesukaan dan pemahaman ketertarikan terhadap sesuatu yang indah, dan persepsi ini dimiliki oleh masing-masing orang. Maka dari itu Rancangan yang baik pastinya rancangan yang menurut anda sesuai dengan kesukaan anda, karena rasa suka dapat menimbulkan aura positif di dalam rumah anda sendiri. Kemudian selain Desain dan Rancangan bentuk rumah, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan didalam lingkungan fisik ini seperti sirkulasi udara, penempatan barang, pencahayaan, kelembapan suhu, warna tembok serta fasilitas-fasilitas yang ada didalam rumah itu sendiri.


2. Lingkungan Sosial

Hal ini sangat mempengaruhi psikis dari para penghuni rumah, walaupun Desain rumah sangat bagus, mewah serta perlengkapan didalamnya tersedia apabila hubungan sosial antar penghuni rumah itu sendiri tidak terjalin dengan baik, saya rasa hal tersebut tidak ada artinya. Karena Lingkungan sosial ini sangat membentuk karakter, perilaku dan sikap para penghuni rumah. Rumah yang Sehat dan Nyaman harus pula disertai Hubungan yang harmonis setiap penghuninya. Untuk teknis yang berhubungan dengan lingkungan fisik rumah saya rasa semua tertuang dalam Ilmu Ergonomi dan Desain Interior. Disana dijelaskan berbagai macam teknik dan metode untuk membuat suatu kenyamanan dalam ruangan maupun bangunan. Karena saya tidak membahas masalah teknis, hanya sekilas mengenai konsep saja.

Tetapi selain hal diatas, pendapat saya adalah kembali kepada rumah adat yaitu Rumah Panggung. Rumah panggung yaitu bangunan berkaki yang lantainya tidak menyentuh tanah. Bangunan rumah, yang pada umumnya terbuat dari kayu itu, disangga beberapa tiang sehingga induk bangunan terangkat dari tanah. Jarak lantai bangunan dari tanah bisa satu sampai dua meter. Saat ini rumah panggung sudah dipinggirkan dan malah di cap sebagai sesuai yang "kuno", padahal banyak sekali manfaat yang dimiliki Rumah Panggung itu, karena dapat membuat rumah kita Sehat dan Nyaman.

Sehat dan Nyaman dalam kaitannya dengan Rumah Panggung yaitu berbagai manfaat dan fungsi dari rumah panggung, seperti :

- Tahan Gempa.

- Melindungi dari Banjir.

- Dapat membantu peresapan air ke dalam tanah.

- Melindungi dari berbagai binatang

- dan lain-lain (bisa anda browsing)

Sesuatu yang dibilang "kuno" tadi sebenarnya merupakan suatu potensi bagi terciptanya Rumah Sehat dan Nyaman itu sendiri. Rumah Panggung sendiri harusnya digalakkan kembali dan para desainer dan arsitek harusnya bisa berkreasi untuk melakukan terobosan-terobosan dalam rangka mengangkat kembali Rumah Panggung ini. Kalau memang sangat bermanfaat tidak ada salahnya lagikan kita kembali ke zaman dulu?Zaman dimana maraknya rumah-rumah panggung di Indonesia.


Tulisan ini saya buat untuk writting competition "Rumah Sehat dan Nyaman"

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah