Home » » Sistem Kepegawaian/SDM

Sistem Kepegawaian/SDM

Pada dasarnya penyelenggaraan bidang kepegawaian lambat laun mengalami perbaikan dan penyempurnaan,perubahan-perubahan berlangsung tahap demi tahap sesuai dengankeadaan dan kemajuan-kemajuan yang diperoleh.



Adanya berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh pihak manajemen perusahaan inilah yang mengakibatkan berbagai lapisan dantingkatan mencoba-coba untuk memikirkanadanya suatu usaha-usaha pemecahan yang lebihbaik dalam sistem penyeleksian pegawaisehingga timbul bermacam-macam perkumpulan, yayasan dan gerakan-gerakan lain untuk mencobamengadakan perbaikan dan penyempurnaan.Usaha-usaha tersebut berhasil, dimana spoils sistem dapat dibatasi dan untuk sebagianpenyeleksian pegawai didasarkan atas sistem jasa ( merit system ) yang berarti bahwa pegawaidiangkat berdasarkan jasanya dan tidak lagid idasarkan atas keanggotaanny dari sesuatu partaipolitik yang menang.



Dalam praktekpengangkatan diadakan ujian-ujian dan diadakanlaranganuntukmemungutpemberian sumbangan-sumbangan wajib dariyangbersangkutan.Perubahan dan perbaikan berjalan terus, karena pihak-pihak yang berkepentinganbelum merasa puas terhadap hasil yang dicapai.Sehingga dalam sistem penyeleksian pejabat telahdidasarkan atas keahlian dan spesialisasi serta pengalaman yang bersangkutan, disamping faktormoral dan sifat-sifat leadership yang dimilikioleh calon yang bersangkutan sesuai dengan jabatan yang akan diemban / dipangkunya.



Terjadinya perubahan dan penyempurnaan pengaturan, dilakukan secara bertahap olehPemerintah menurut batas-batas kemampuananggaran, baik untuk pengembangan aparaturnya maupun untuk memenuhi prasarana fisiknya, agarmampu menjalankan fungsi umum pemerintahan,dan mampu menjalankan fungsi pembangunan.Sehingga untuk mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintah dan tugas-tugas pembangunan diperlukan adanya pejabat-pejabat yang dapatdipercaya dan memiliki kemampuan kerja sesuaidengan kebutuhan organisasi



Spoils System


Spoils System merupakan suatu sistem pengangkatan yang berdasarkan atas hasil pemilihan umum, sedangkan untuk jabatan yangpenting dan strategis hampir seluruhnya diduduki oleh anggota yang menang dalam pemilihan umum



Patronage System


Menurut Patronage System ( kawan ), maka pengangkatan pegawai didasarkan atas adanya hubungan subyektif yaitu : hubungan yangdiperhitungkan antara subyek-subyeknya. Dalam sistem ini pada dasarnya terdapat beberapahubungan subyektif antara lain :
1) Hubunganyang bersifat politik. Pengangkatan pegawai berdasarkan hubungan politik, ini didasari oleh hubungan-hubungan kawan separtainya.
2) Hubungan yang non-politik ( nepotisme ). Hubungan yang bukan karena kawan, Partai ataunon-Politik disebut Nepotisme



SystemMerit


System Merit System ( Sistem Kecakapan ). Pengangkatan berdasarkan sistem ini bersifat lain dengan spoil system maupun Nepotisme System. Sebab sistem penyeleksian yang dilakukan terhadap seorang pegawai berdasarkan :


1) Kecakapan,


2) Bakat,


3)Pengalaman dan


4) Kesehatan


yang sesuai dengan Kriteria yang telah digariskan. Dalam menentukan kualitas ini harus dibuktikan dengan ujian, ijazah yang dimiliki dan keterangan-keterangan yang diperlukan untuk itu.


Carrier System


Carrier System ini lazim pula disebut sistem meningkat yaitu bagi pegawai-pegawai diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat serta kecakapannya selama ia mampu bekerja dengan harapan secara bertahap dapat naik pangkat sampai mencapai tingkat kedudukan setinggimungkin berdasarkan batas-batas kemampuanbagi yang bersangkutan, sebab bila hanyamenggunakan merit system saja, masih kurangmemuaskan para pegawai dan tidak mendapatkankesempatan lebih maju lagi.


System Carrier adalah suatu sistemkepegawaian, dimana untuk pengangkatan pertama didasarkan atas kecakapan yang bersangkutan, sedang dalam pengembangannnya lebih lanjut, didasarkan atas masa kerja, kesetiaan, pengabdian dan syarat-syarat obyektif lainnya juga menentukan. Adapun prinsip-prinsipyang harus diperhatikan dalam penyusunan cariersystem tersebut antara lain mengusahakan adanya syarat-syarat kerja yang dapat menarik dan menahan orang-orang untuk bekerja terus menerus selama masa hidup dalam suatuorganisasi dengan pemilihan yang teliti daritenaga-tenagamuda dan memberikankemungkinan-kemungkinan akan kemajuan yangmemuaskan.



sumber : www.si.its.ac.id/Penelitian/JURNAL

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah