Home » » yang paling dasar dari statistika

yang paling dasar dari statistika

Waduh mentang-mentang baru belajar lagi nih jadi postingannya tentang pelajaran melulu..hehehe tapi it's ok, i hope my opinion can use for other people. Ok let's get it on ...

Bicara tentang statistika pasti kita berbicara masalah data, diagram, analisis dan lain-lain yang bisa dibilang cukup ribet untuk mahasiswa sekelas saya..hehehe. Disini saya bukan seorang pengajar, ahli maupun peneliti. Saya cuma seorang mahasiswa biasa dengan segala kegeblekannya dalam perkuliahan..hehehe.. Ok sekarang postingan saya mengenai pengertian dasar-dasar-dasar sekali mengenai statistik, contohnya berbagai pengertian :

a. Variabel
Merupakan sesuatu karakteristik yang akan diteliti. Variabel ini dibagi menjadi dua yaitu variabel independent (mempengaruhi variabel lain) dan variabel dependent (yang dipengaruhi variabel lain)

b. Unit Analisis
Merupakan Objek yang akan diteliti (satuan)

c. Populasi
Keseluruhan Objek yang akan diteliti

d. Sampel
Sebagian dari populasi

e. Sampling
Teknik pengambilan Sampel

Sederhana kan?hehehe, contoh kasus :

Judul Penelitian : Pengaruh Keramahan Satpam terhadap kepuasa tamu di PT X

A. di judul ini ada 2 variabel :
- variabel 1 : keramahan satpam
- variabel 2 : kepuasan
- variabel independen : keramahan satpam
- variabel dependen : kepuasan

B. Unit Analisisnya : tamu
C. Populasinya : tamu di PT X
D. Sampelnya : tamu di PT X untuk bagian produksi

Sekian penjelasan pendek dari saya

0 komentar:

Posting Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah