Home » » Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter

Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter

Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter - Ikan merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat.  Selain hobi ternyata memelihara ikan khususnya ikan hias dapat mengurangi tingkat stress serta mengembalikan mood seseorang.

Maka jangan heran banyak orang yang telah menghabiskan banyak dana hanya untuk memelihara ikan ini.  Selain Ikan, yang paling penting dan utama ketika memelihara ikan adalah Kolam Ikan.  Kolam ikan merupakan faktor penting dan utama agar Ikan yang kita pelihara bisa hidup, khususnya mengenai Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter.
Berikut ini sedikit informasi mengenai Apa Itu Bio Filter untuk Kolam ikan / Sirkulasi udara di Kolam Ikan :

Pengertian biofilter Kolam Ikan.
Biofilter merupakan bagian dari sistem perlakuan (treatment) terhadap air secara biologis (makanya pake kata bio), dimana sistem yg lain menggunakan cara fisika dan kimiawi. Nah pada thread ini kita akan fokus ke sistem biofilter, meski sambil jalan ada peluang membahas sistem filtrasi lainnya.

Mengapa Butuh Biofilter di Kolam Ikan / Sirkulasi Udara
Ikan membutuhkan sirkulasi udara dan air tentunya.  di sungai pun sirkulasi berjalan dengan sendirinya karena mengikuti air yang mengalir.  Selain itu air yang tidak ada sirkulasi dapat menumpuk racun bagi ikan sehingga dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter harus selalu digunakan

Kapan kita membutuhkan biofilter kolam ikan / sirkulasi
Kita butuh saat kita ingin memberikan perlakuan ke air outlet (bisa lalu jadi inlet lagi) supaya kualitas airnya layak untuk pemeliharaan ikan pada sistem resirkulasi. Jika saat kita pakai sistem air mengalir, maka kebutuhan biofilter ini menjadi tidak begitu penting. Kecuali kualitas air inletnya yang buruk, sehingga perlu dilakukan biofiltrasi atau bahkan juga sistem filtrasi lainnya sebelum lalu berperan sebagai air pemeliharaan.

Dimana biofilter ditempatkan :
Biofilter diletakkan untuk menerima air buangan pemeliharaan ikan dan setelah melalui proses di biofilter, air itu akan kembali masuk ke wadah pemeliharaan ikan (sistem resirkulasi)

Bagaimana cara kerja biofilter itu:
Biofilter itu selalu memiliki bio filter media, air masuk, wadah/tempat (bioreaktor) beserta inlet dan outletnya.
Apabila salah satunya tidak ada maka tidak akan bisa berfungsi. Sudah satu paket sebagai sistem. Biofilter  / Sirkulasi Kolam ikan ini sendiri merupakan media memberikan area yang diperlukan bakteri nitrifikasi (pemakan amoniak) untuk menempel, maka makin banyak area yang bisa ditempeli bakteri, maka makin baik jenis biofilter medianya. Sampai saat ini, pasir adalah biofilter media yg memiliki Specific Surface Area yang paling besar.



Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter

Kolam Ikan yang Baik Sirkulasi dan Biofilter


0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah