Home » » Televisi dan Brain Wash (cuci otak)

Televisi dan Brain Wash (cuci otak)

artikel ini terdapat di http://egg-animation.blogspot.com

Mendengar judul diatas pasti teman-teman ada yang mengira baik secara sadar maupun tidak, what is the relationship between Televisi dan Brain Wash (Cuci Otak) ??..tapi saya pun tahu masih ada teman-teman yang mengerti judul artikel saya ini.  Ya.. Televisi merupakan media yang paling populer saat ini di seluruh lapisan masyarakat. 




pernahkan kita terpikir mengapa kita memilih pemimpin atau partai tertentu dalam Pemilu padahal kita pribadi tidak pernah tahu program kerja, dan keseharian orang / partai tersebut ?
 Lalu ketika kita menonton sebuah Berita mengapa pikiran kita mengarah pada suatu pembenaran, tanpa tahu kenyataan dan kondisinya faktanya seperti apa?
Jika kita menyaksikan sebuah lagu yang sering diputar ditelevisi dan kita sering menyaksikannya, secara tidak sadar kita akan menghapal lagu tersebut ?
Saya yakin teman-teman pernah mengalami perasaan / sikap diatas.  Jadi jawabannya kenapa?..Jawabannya karena kita telah dicuci otaknya oleh pemberitaan dan tayangan Televisi !!..Hampir setiap kali kita menonton Televisi sebetulnya secara sadar maupun tidak sadar kita telah terhipnotis oleh televisi dan pada akhirnya otak kita akan dicuci, mungkin kelihatannya lebay tapi faktanya itu yang terjadi !!

Tayangan yang ada di Televisi dapat membentuk pola pikir dan tingkah laku masyarakat kita.  Kita lihat sekarang Sinetron-Sinetron, ketidak berimbangan pemberitaan, dan opini pribadi tidak berlandaskan fakta membuat masyarakat terhipnotis akan itu semua.  Masyarakat dapat dibuat percaya akan suatu pemberitaan, padahal belum tentu hasil pemberitaan itu sesuai dengan fakta..

Sumber Informasi
Sebetulnya tidak ada salahnya kita menonton Televisi, tetapi yang menjadi salah ketika kita menonton televisi terlalu berlebihan dan hanya menangkap dari satu sisi saja.  Kita tahu apa yang berlebihan sangat tidak baik, misalnya kita terlalu banyak beraktivitas maka bisa mengakibatkan sakit, ketika kita berlebihan tidur dapat membuat kita sakit juga karena tidak ada aktivitas gerak tubuh.  Selanjutnya ketika kita berlebihan makan, kita pun akan sakit perut.  Maka dari itu dalam salah satu Ayat dalam Al Quran menyatakan bahwa 

Segala sesuatu yang bersifat berlebihan merupakan sesuatu yang tidak baik
Tontonlah televisi sesuai pada porsinya, misalnya 2-3 Jam Per Hari (menurut saya..hehe), dan juga tonton lah program-program yang dapat membuat kinerja otak kita meningkat misalnya saja saya suka menonton program yang berkaitan dengan Kewirausahaan, Share pengalaman, Budaya lokal dan Iptek.  Dan Say no to SHITNETRON !!!


Ketika kita melihat pemberitaan tertentu di suatu Televisi, kita jangan hanya terpaku pada Televisi itu saja coba kita cari sumber lain yang membuat sebuah perbandingan dan dapat menjernihkan pikiran kita. 

Efek yang Luar Biasa
Saat ini orang-orang banyak mendirikan Televisi, karena menimbulkan dampak dan efek yang luar biasa terhadap pola pikir dan perilaku suatu masyarakat seakan-akan masyarakat bisa dikendalikan oleh para pemilik media.  Maka dari itu bisa kita lihat banyak sekali para pemilik media yang memberitakan suatu berita hanya untuk kepentingannya pribadi.  

Kita sering lihat, kita selau menjudge seseorang hanya dari pemberitaan semata padahal kita tidak pernah bertemu, kenal secara personal ataupun tahu aslinya saja tidak.  Kemudian Televisi pun dapat menggerakan masyarakat untuk melakukan aksi nyata.  Coba kita lihat demo pada saat kasus Bibit dan Chandra, Koin untuk Prita, dll..

Coba lah kita berpikir dari sudut pandang lain, dan intinya atur waktu kita menonton Televisi terutama untuk keluarga dan anak-anak.  Karena untuk anak-anak, tontonan televisi akan mempengaruhi perkembangan kehidupan mereka.





0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah