Home » » Sultan Saladin "Salah satu Pemimpin besar Muslim"

Sultan Saladin "Salah satu Pemimpin besar Muslim"


Wah baru ngisi blog lagi nih...setelah beberapa pekan tidak mengisi blog..Sehubungan dengan teror bom dan diduga tertangkapnya gembong teroris asal Malaysia "sialan itu" Noordin M Toop, disini saya ingin menulis salah satu Pemimpin Muslim terkenal dan terhebat dalam sejarah Sultan Saladin.








Ketika bermain game Crusaders, ada beberapa tokoh terkenal menjadi pilihan permainan Crusaders seperti Sultan Saladin dan King Richards "Lion Hearts". Nama Sultan Saladin sering saya dengar namanya, beliau adalah salah satu Raja Islam yang sangat berpengaruh dan berkuasa pada zamannya. Saladin bertemu dengan Richards "Lion Hearts"dalam perang Salib yang sangat terkenal itu.Saladin adalah Pemimpi muslim hebat. Mempunyai nama asli Salah al-Din Yusuf. Ibn Ayyub) Dia menyatukan dan memimpin para muslim dan di tahun 1187 di mengambil kembali Yerusallem (Palestina) setelah mengalahkan raja Yerusallem di pertempuran Battle of Hattin.









Ketika Pasukan Saladin masuk ke Kota Yerusallem, mereka tidak diperkenankan membunuh rakyat sipil, pemimpin agama atau merusak kota.Kerajaan Kristen di Eropa Barat mendengar kehebatan dari Sultan Saladin. Pemimpin saat itu, Grogery VIII memerintah crusade (pasukan salib) untuk segera mengambil alih Kota suci umat kristen di Yerusallem. Pasukan Crusade ini dipimpin oleh Richard I yang dikenal dengan nama Richard the Lionheart. Saladin (1138 - 1198) lahir dari keluarga Kurdi. Karirnya dimulai ketika di bergabung sebagai staf pamannya ad-Din Shirkuh, yang merupakan komandan militer penting dibawah Nur al-Din. Nur al-Din adalah pemimpin dari damaskus dan allepo. Saladin menjadi pemimpin dari Kalifah Fatimid (yang mati 1171). Beliau diberi gelar Al-Malik Al-Nasir (the prince defender). Kalipah Fatimid tewas pada tanggal 12 September 1171, yang kemudian kekuasaanya jatuh ke tangan Saladin.











berikut ini adalah jejak rekam Sultan saladin :

1138 : Lahir di Tikrit (Irak), anak dari Pemimpin Kurdin Najm ad-Din Ayyub
1152 : Ikut bekerja di pemerintahan Syrian, Nur al-Din








1164 : Mulai memperlihatkan kemampuan militernya, pada saat melawan Pasukan Salib (Kristen) yang menguasai Palestina









1171 : Menyatukan Mesir dengan Kalipah Abbasid









1174 : Nur al-Din meninggal, Saladin memanfaatkan peluang ini untuk menggalang kekuatan menaklukan Damaskus







1176 : Saladin menguaai Hutan Masyah yang dikuasai Rashideddin. Setelah beberapa minggu, Saladin mengundurkan diri, dan meninggalkan pasukan rashideddin dalam kedamaian.








1183 : Menaklukan Syrian Utara dari Aleppo








1186 : Menaklukan Mosul di Utara Irak








1187 : Dengan kekuatan barunya, beliau menyerang Kerajaan Yerusallem setelah tiga bulan menguasai seluruh kota








1189 : Crusade III mengelola dan memperluas daerah Palestina sementara yerusalem tetap dibawah kontrol Saladin








1192 : Mengadakan perjanjian perdamaian dengan Raja Richar I (Richard "Lion Heart") bahwa seluruh daerah yang dikuasai kristen tetap menjadi milik kristen, sementara Yerusalem tetap pada kontrol muslim










1193 : Meninggal di Damaskus













Andai kata saat ini muslim mempunyai pemimpin seperti Saladin yang kuat, hebat, tetapi penuh dengan toleransi maka umat Islam akan menjadi jaya kembali di dunia ini. Al Qaeda ataupun Jamaah Islamiyah harusnya berkaca pada kepribadian dan kepemimpinan Sultan Saladin, yang hidup dengan berjihad dengan benar. Beliau tidak membunuh warga sipil dan merusak kota dalam peperangan, tidak seperti sekarang banyak warga sipil yang dijadikan korban padahal mereka tidak terlibat dalam peperangan. Jihad juga dilakukan ketika adanya suatu peperangan, nah ini di Indonesia tidak ada perang malah melakukan bom bunuh diri dengan dalil Jihad fi Sablililah. Padalah kalau mau Jihad pergi aja ke Palestina yang jelas-jelas ada pertempuran melawan Israel, lah ini malah ngancurin negara Indonesia sendiri, dan membunuh warga sipil. Mudah-mudahan para teroris yang oknum-oknum muslim yang berorientasi jihad yang salah ini segera meminta ampun pada Allah, dan lihat tauladan-tauladan para tokoh Islam yang lain dalam aksinya berjihad. Karena jihad yang paling utama adalah jihad melawan hawa nafsu. Nah sebelum Jihad perang, hawa nafsunya sudah diperangi belum..??




sumber :

http://www.touregypt.net/featurestories/saladin.htm

http://atabarlian.wordpress.com/2008/10/24/saladin/

dan berbagai sumber lainnya
















1 komentar:

  1. subtitle film richard lionheart and saladin,, klo ada kirim ke aku yach.. ke fb aku.. chandra_king@ymail.com

    BalasHapus


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah