Home » » Penyebab anak menjadi Pemalu

Penyebab anak menjadi Pemalu

Apa Penyebab Anak jadi Pemalu

 

Apa Penyebab Anak jadi PemaluApa Penyebab Anak jadi Pemalu? - Setiap bertemu seseorang atau diajak ke rumah orang lain, apakah anak anda selalu menolak dan malah sering berdiam diri saja?..atau ketika di sekolah di suruh tampil di depan anak anda tidak pernah mau? jangan-jangan anak anda merupakan seorang anak yang pemalu?. Menjadi seorang pemalu bukan lah sesuatu hal yang buruk, karena memang setiap orang pasti memiliki rasa pemalu itu. Tetapi itu akan menjadi lebih parah apabila menjadi seseorang yang pemalu akut, sehingga merasa rendah diri dan merasa tidak berguna ketika berhadapan dengan orang lain.

Berikut ini adalah artikel apa penyebab anak jadi pemalu yang didapat dari forum internet :

1. Unsur Keturunan
Hal ini merupakan faktor yang tidak langsung dan belum pasti. Sejak lahir anak tersebut terlihat agak sensitif dan kemungkinan hal itu terjadi karena pembawaan saat ibu yang ketika sedang mengandung mengalami tekanan jiwa maupun fisik. Namun ini juga belum dapat menjadi suatu bukti yang kuat apakah kelak anak yang sensitif itu akan menjadi seorang pemalu. Banyak bukti disekeliling kita, apabila anda sendiri sebagai orang tua merupakan orang yang pemalu mungkin anak anda pun akan mengikuti anda menjadi pemalu juga, seperti istilah like a father like a son.

2. Masa Kanak-kanak Kurang Gembira
Ada sebagian anak yang mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan pada masa kanak-kanaknya. Misalnya orangtua sering berpindah- pindah, orangtua bercerai, orangtua meninggal, dipaksa pindah sekolah atau dihina oleh teman dan sebagainya. Semua pengalaman itu mengakibatkan terganggunya hubungan sosial mereka dengan lingkungan, suka menghindar atau mundur, dan tidak berani bergaul dengan orang yang tidak dikenal. Hal ini mungkin akan menimbulkan trauma sampai dengan anak tersebut dewasa dan menjadi seorang yang pemalu seterusnya.

3. Kurang Bermasyarakat
Sifat pemalu akan terjadi bila anak hidup dengan latar belakang di mana ia diabaikan oleh orangtuanya, atau dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang mengasingkan diri, terlalu dikekang sehingga mereka tidak dapat mengalami hubungan sosial yang normal dengan masyarakat. Hubungan sosial dengan masyarakat sangat penting karena akan membentuk karakter anak tersebut. Apabila membiasakan mengasingkan diri, bukan tidak mungkin nanti anak kita takut apabila bertemu dengan orang lain.

4. Perasaan Rendah Diri
Mungkin perasaan malu itu timbul karena anak bertubuh pendek, bersikap kaku atau punya kebiasaan yang jelek, lalu berusaha untuk menutupinya dengan cara menyendiri atau menghindari pergaulan dengan orang lain. Karena kurang rasa percaya diri dan beranggapan dirinya tidak sebanding dengan orang lain, ia tidak suka memperlihatkan diri di keramaian. Ini lah yang dikhawatirkan, karena perasaan rendah diri yaitu perasaan yang membuat pola pikir bahwa diri kita tidak memiliki daya guna dan hina dari pada orang lain.

5. Pandangan Orang Lain
Banyak anak yang menjadi pemalu karena pandangan orang lain yang telah merasuk ke dalam dirinya sejak kecil. Mungkin orang dewasa sering mengatakan bahwa ia pemalu, bahkan guru dan teman-teman juga berpendapat sama, sehingga akhirnya ia benar-benar menjadi seorang pemalu. Ini adalah permainan membentuk pola pikir juga, tetapi terbentuk akibat pandangan orang lain. Apabila banyak guru, teman-teman anak anda berkata bahwa anak anda merupakan pemalu, maka anda segera bertindak jangan sampai pandangan itu masuk terlalu jauh ke dalam diri anak anda dan mengakibatkan anak anda benar-benar seorang pemalu, padahal anak anda bukan pemalu. Anda harus dengan cepat mengarahkan anak anda pada kegiatan yang banyak berhubungan dengan orang lain, seperti tampil di pentas 17 Agustus, pekan seni ataupun dorong anak anda mengikuti lomba-lomba.

 

Apa Penyebab Anak jadi Pemalu

0 komentar:

Posting Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah