Home » » Contoh Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen

Contoh Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen

Contoh Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen - Siapa sih yang tidak mau jadi dosen saat ini?.. Bisa dibilang menjadi dosen merupakan salah satu impian dan cita-cita banyak orang.  Karena menjadi dosen merupakan suatu rahmat bagi kita untuk memberikan ilmu kepada para mahasiswa.  Seperti kita ketahui ilmu merupakan salah satu pahala yang tidak ada putusnya.

Selain itu juga menjadi Dosen merupakan suatu profesi yang sangat menggiurkan, karena pemerintah saat ini memberikan penghasilan yang cukup besar, karena dengan adanya Sertifikasi Dosen atau Serdos.  Sertifikasi Dosen atau Serdos merupakan salah satu bukti dari keprofessionalitasan seorang dosen yang diberikan oleh pemerintah.  Nah untuk mendapatkan Sertifikasi Dosen atau Serdos ada beberapa hal atau persyaratan yang harus diperhatikan salah satunya adalah pengisian Contoh Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen.

Mulai tahun 2011, Dirjan Dikti Kemdikbud menggunakan sistem full online untuk sertifikasi dosen ini, khususnya dalam mengisi Deksripsi Diri. Jika peserta calon sertifikasi dosen mencontek atau atau melakukan copy paste dari teks peserta lain, hal itu bisa terkena sanksi 2 – 5 tahun, setelah itu baru dapat diusulkan kembali. 

Lembar deskripsi diri merupakan alat bagi dosen untuk menjelaskan keunggulan, kehebatan atau kebanggaan dosen atas prestasi dan kontribusinya sebagai dosen. Khususnya terkait dengan tridarma perguruan tinggi  yang mengandung empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian Pengisian Deskripsi Diri Serdos dilihat dari berbagai aspek yang berkaitan dengan keempat kompetensi tersebut dinyatakan dalam bentuk kegiatan pengajaran/pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen pendidikan, dan manajemen kemahasiswaan.

Deskripsi Diri Serdos ibarat kita membuat Curicullum Vitae / Data Riwayat ketika melamar bekerja.  Tetapi dalam deskripsi diri ini lebih cenderung pada cerita dan kalimat. Sementara itu, Ketua Balai Pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BPTIK) Sugiyanto mengatakan, sertifikasi ini dilakukan secara full online mulai dari pengusulan, proses pembuatan portofolio, penilaian, hingga penyelesaian akhir (mencetak sertifikat).

Salah satu trik dan tips untuk mengisi Contoh Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen yaitu dilarang mencontek dan mencopy paste hasil orang lain karena sistem sudah mengetahui mana yang plagiasi mana yang original.  Hal ini dikarenakan setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengungkapkan sesuai dalam sebuah kalimat, inti nya setiap orang didunia ini memiliki gaya masing-masing dalam menulis. 

Berikut ini merupakan Panduan Mengisi Deskripsi Diri Serdos Dosen :
  • Isi sesuai dengan kenyataan, jangan dilebih-lebihkan karena nanti jadi lebay dan pemeriksa akan tahu itu.
  • Isi dengan hati nurani dan pola pikir kita, jangan menyamakan pengisian deskripsi dengan orang lain karena akan mengganggu originalitas kita.
  • Jangan mencontek dan copy paste tulisan orang lain, haram hukumnya bisa dikenai sanksi.  Ada pengalaman seorang dosen senior mencopy paste deskripsi diri dosen yuniornya.  Hingga hasil pengumuman menyatakan kedua dosen itu melakukan kecurangan.  Si Dosen yunior yang tidak tahu bahwa deksripsi dirinya dicontek pun gagal karena hasilnya telah dicontek si dosen senior.  Nah maka dari itu jangan memberikan hasil deskripsi diri kita pada orang lain walaupun teman kita sendiri, karena bisa-bisa malah mencelakan kita sendiri.
  • Selalu berdoa dan minta petunjuk pada Allah.






100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

0 komentar:

Poskan Komentar