Home » » Download Buku " Gurita Cikeas "

Download Buku " Gurita Cikeas "



Situasi politik Indonesia akhir-akhir ini semakin memanas, terutama setelah terpilihnya kembali Bpk. Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden untuk periode ke 2 kalinya hanya dalam 1 putaran.  Setelah itu mulailah berbagai konflik (yang menurut saya berbau kepentingan tertentu) mulai mengerogoti pemerintahan yang pada intinya ingin membuat character assasins atau pembunuhan karakter SBY dan pemerintahannya.

Isu terhangat yang bergejolak di dunia perpolitikan Indonesia ialah Pembentukan Pansus Bank Century dan Munculnya buku Gurita Cikeas.  Tapi disini saya sebagai orang awam, cuma orang ndeso, orang katro, ingin mengungkapkan sedikit opini saya mengenai Buku Gurita Cikeas ini.

Akhir-akhir ini nama George Aditjondro begitu tenar dan banyak disebut-sebut media.  Hal ini dikarena buku karangannya yang menguai kontroversi dengan judul " Gurita Cikeas ", padahal sebelum kontroversi buku ini terjadi kita pasti bertanya-tanya Siapa George Aditjondro?.. Menurut saya buku ini tak pelak seperti strategi marketing yang ampuh dan jitu dari George Aditjondro beserta penerbitnya.  Saya analogikan seperti film 2012, yang sangat menuai kontroversi padahal ketika kita sudah menonton film itu, isinya hanya bercerita seperti film-film bencana pada umumnya seperti Armageddon, Deep Impact, The day After tommorrow dan lainnya.  Film 2012 hanya sekedar simbol/nama untuk strategi marketing penjualan film ini, padahal dari sisi saya pribadi alur cerita film 2012 lebih buruk dibanding Armageddon, Deep Impact maupun The Day After Tommorrow.  Film ini hanya hebat dari segi efek dan visualisi saja.

Nah menurut saya sebagai orang awam, katrok, dan ndeso buku George Aditjondro berjudul " Gurita Cikeas" ini hanya sekedar Strategi Marketing Belaka, karena diluaran sana saya kira banyak buku-buku yang beredar dengan isi mengkritisi pemerintahan SBY, tetapi kelihatannya adem-adem saja tidak terlalu booming seperti buku George Aditjondro ini.

Banyak orang bertanya mengapa buku biasa tetapi menjadi sangat luar biasa?..nah saya pikir itu kembali lagi ke strategi marketing George Aditjondro beserta penerbitnya yang secara jitu mengeluarkan buku itu pada :

1) saat momen dan waktu yang tepat ibarat film keluarga yang diputar ketika anak-anak sedang libur sekolah.  Kenapa dikeluarkan pada timming yang tepat? Karena saat ini kasus Bank Century sedang anget-anget tai ayam..hehehe, maksudnya sedang terekposes media-media dan masyarakat.  Karena isi buku ini mengaitkan juga Kasus Bank Century dengan pemimpinan pemerintahan saat ini Bpk SBY, maka buku ini bisa dikatakan rilis pada timming yang tepat.

2) Kemudian menurut pendapat saya yang kedua buku ini, dengan cepat di respond oleh Bpk SBY.  Padahal menurut hemat saya (kaya SBY wae..kalimatnya..hehehe) apabila Bpk. SBY tidak melakukan reaksi yang berlebihan (menanggapi buku ini) saya kira buku ini tidak akan luar biasa, dan hanya menjadi buku-buku biasa saja.  Nah semakin ditanggapi, maka semakin disorot media.  Setelah disorot media, ya pasti terkenal wong masuk TV..

Nah kebetulan setelah searching di Internet (metode yang dipakai George Aditjondro " Searching ke Mr. Google") saya kebetulan menemukan blog (sugengsetyawan.blogspot.com) yang katanya mempunyai ebook George Aditjondro ini.  Disini cuma termuat 41 halaman saja, saya mun tidak tahu apakah ebook ini benar atau tidak silahkan menuju tkp saja untuk lihat komentar blognya.

Tetapi yang pasti setelah mendengar berbagai ocehan di TV yang membuat saya panas kuping (bingung mana yang benar dan mana yang salah..apalagi TVone dan Metro yang sangat gencar melakukan pemberitaan ini..hampir tiap hari debatnya) saya tafsirkan sendiri (sama seperti tuangan buku oleh George Aditjondro) bahwa George Aditjondro. PhD menggunakan data sekunder dalam penelitiannya bukan data primer, yaitu dengan menyadur berbagai artikel yang ada baik koran, media lainnya dan juga kutipan pembicaraan orang khususnya dengan menggunakan Internet yaitu dengan bantuan Mr. Google.

Saya sendiri sih baca ebook ini ya kurang gt y, kenapa kurang karena disini tidak ada bukti otentik mengenai suatu tafsiran menurut George Aditjondro ini, dia hanya mengutip perkataan orang maupun rilisan di website.  Tidak ada bukti seperti scan dokumen resmi di sini cuma kutipan link sumber website.  Dan kebanyakan link sumbernya ditulis secara umum, misalnya sumber Detiknews.com, kompas.com, Gatra.com, tempointeraktif.com, padahal didalam website tersebut banyak berita-berita lagi, harusnya link (url) nya komplet yang langsung menuju TKP.

Saya sendiri bukan Ph.D, sarjana saja sekarang sedang nyusun..hehehe, tapi yang agaknya buku ini kurang bermutu dari segi ilmiah, kenapa begitu karena menurut tafsir saya menghasilkan suatu karya ilmiah harus dilakukan dengan studi ilmiah juga, sebagai Ph.D harusnya metode yang digunakan benar-benar metode yang merepresentatifkan karya nya, dan membuat sumber+data yang terpercaya.  Kalau waktu nyusun Tugas Akhir (D3) atau Skripsi (S1) nipu-nipu hasil+data wajar, karena orientasi waktu itu cuma lulus terus dapat ijazah..hehehe..benerkan, thats real...

Tetapi seorang Ph.D apalagi membuat karya yang akan dipublish ke khalayak umum harusnya menuangkan data-data yang real dan otentik, supaya buku tersebut semakin membuat orang percaya dan yakin akan karyanya yang berkualitas.

Sekali lagi saya disini cuma sekedar mengungkapkan pendapat, pendapat orang katro, ndeso, awam...Tetapi disatu sisi saya juga salut terhadap Bpk. George Aditjondro, karena berani mengungkapkan pendapat dan mencoba mengkritisi apa yang terjadi di pemerintahan.  Karena Check and Balance dalam pemerintahan sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sekian dan terima kasih.  Buat rekan-rekan yang mau mendownload ebook nya silahkan klik dibawah ini



Ega Mardoyo

0 komentar:

Poskan Komentar


Paket Wisata Bandung Murah

Paket Wisata Bandung Murah
Paket Wisata Bandung Murah